UMKM Dapat Menjadi Tulang Punggung Ekonomi Daerah

HARDI/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Henry M Yoseph.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalimantan Tengah Henry M Yoseph menyampaikan, sektor UMKM memiliki potensi besar dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian lokal.

Ia menilai sektor UMKM sebagai salah satu indikator yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. “Sektor UMKM juga memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan di daerah,” katanya, Minggu 25 Februari 2024.

Dia menekankan pentingnya dukungan pemerintah daerah (pemda) dan lembaga terkait dalam memberikan pelatihan, akses ke modal, dan fasilitas pendukung lainnya bagi pelaku UMKM.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“UMKM dapat menjadi tulang punggung ekonomi daerah, dan pemda harus memberikan perhatian terhadap sektor ini, khususnya membantu UMKM berkembang,” lugasnya.

Dengan memberikan dukungan yang tepat, UMKM dapat tumbuh dan berkembang, bermanfaat signifikan bagi masyarakat dan ekonomi daerah secara keseluruhan.

Selain itu, dia juga menyoroti pentingnya promosi dan pemasaran produk UMKM secara lebih luas, baik di tingkat lokal, nasional hingga internasional melalui ekspor.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Bahas Empat Raperda Inisiatif

“Begitu juga dengan meningkatkan visibilitas produk UMKM perlu didukung, sebab dengan begitu akan membantu meningkatkan daya saing dan pertumbuhan sektor ini,” ungkapnya.

Henry berharap dengan fokus pada pengembangan UMKM, pertumbuhan ekonomi daerah dapat terus meningkat dan memberikan manfaat nyata bagi provinsi Kalteng. (Hardi)