Tiga Wajah Baru dari PDIP Tumbangkan Petahana

AHMAD/BERITASAMPIT - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo menyebut bahwa partai berlogo banteng bermoncong putih tersebut kembali menjadi pemenang di kontestasi pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Eko mengklaim, PDI Perjuangan Kabupaten Seruyan tersebut berhasil meraih dan mempertahankan 7 kursi di DPRD Seruyan.

“Kalau berdasarkan catatan kami masih juara, masih memimpin di Kabupaten Seruyan,” kata Eko, Senin 26 Februari 2023

Dia menyebut 7 kursi itu sama sekali tidak ada perubahan, hanya saja ada pergeseran kursi di Dapil 1 dan Dapil 3.

BACA JUGA:   Halikinnor Lebih Layak Maju di Pilgub Kalteng, Pengamat: Fajrurrahman Lanjutkan Estafet Kepemimpinannya!

“Kalau wajah baru ada 3 orang, tiga orang inkamben tersingkir,” ujar Eko.

Dia menyebut dari 7 kursi yang berhasil diperoleh tersebut, PDI Perjuangan Kabupaten Seruyan berhasil memperoleh suara sekitar 18.000 suara.

“ada 18.000 suara PDI Perjuangan di Kabupaten Seruyan, dengan total 7 kursi. Nanti kalau untuk lebih validnya nunggu hasil pleno KPU. Sementara inkamben 4 orang,”

Berdasarkan rekapitulasi manual yang dilakukan oleh internal partai ada 4 petahana dan 3 wajah baru yang akan duduk di parlemen.

Adapun Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur, ada petahana Zuli Eko Prasetyo, sementara Zulkifli Khaidir dan Nina Rusnita berhasil mengungguli H Argiansyah. Dengan begitu, PDIP berhasil memperoleh tambahan dua kursi di Dapil 1.

BACA JUGA:   Supian Hadi Sosok yang Layak Dijagokan Pilgub Kalteng

Sementara di Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Seruyan Raya, Danau Seluluk dan Hanau Hadinur sebagai petahana berhasil mempertahankan kursi, sementara Rudi Hartono tersingkirkan oleh wajah baru Subani.

Dan di Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Batu Ampar, Seruyan Hulu, Seruyan Tengah dan Suling Tambun ada dua petahana Mutmainah dan Hary Darmawan. Sementara itu, Koling Irawan tidak berhasil mempertahankan kursinya.

(ASY)