Dinas Kesehatan Diminta Kontrol Tenaga Medis di Pustu

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD kabupaten Gunung Mas Untung Jaya Bangas.

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Untung Jaya Bangas meminta kepada Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pengawasan terhadap tenaga medis yang ada di Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Saya harap dinas terkait untuk melakukan pengawasan kepada tenaga medis yang bekerja di puskesmas pembantu yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas benar-benar profesional, berkualitas, dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang memadai,”ungkap Untung Jaya Bangas, Selasa 27 Februari 2024.

Disebutkannya, dalam setiap sudut daerah, Pustu telah berdiri untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Meski demikian, masih terdapat kekhawatiran terkait kualitas pelayanan yang diberikan.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Oleh sebab itu, kontrol dan pengawasan terhadap tenaga medis yang bekerja di Pustu perlu dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas,”tuturnya.

Dalam melakukan pengawasan kata dia, dinas kesehatan disarankan untuk melihat kualifikasi, keterampilan, pengalaman, dan integritas para tenaga medis yang bekerja di Pustu.

“Mereka juga harus memeriksa kondisi dan kelengkapan fasilitas kesehatan yang ada di tempat tersebut. Dalam hal ditemukan kekurangan, maka harus segera diperbaiki agar layanan kesehatan yang diberikan dapat meningkat,”beber Untung Jaya Bangas.

Politisi dari fraksi Partai Demokrat ini menyebutkan, hal ini sangat penting, karena masalah kesehatan adalah urusan yang sangat sensitif bagi masyarakat. Jika terdapat masalah dalam pemberian layanan, maka hal ini bisa mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

“Perlu dilakukan pemantauan dan pengawasan yang terus-menerus agar kualitas layanan kesehatan yang diberikan semakin baik,”sebut dia.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, seluruh pihak harus bekerja sama dan berkolaborasi, dan harus saling mendukung dan berkoordinasi untuk melakukan pengawasan terhadap tenaga medis di Pustu .

“Dengan begitu, layanan kesehatan di Pustu semakin berkualitas dan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat,”tutup Untung Jaya Bangas. (Ale)