Disdik Kalteng Gelar Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Kepramukaan Jenjang SMA

IST/BERITA SAMPIT - Kepala UPT. Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Disdik Kalteng, Hana Pertiwi (kanan) dan Ketua Panitia, Apip Purnomo (kiri).

PALANGKA RAYA – Kegiatan Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Kepramukaan Jenjang SMA Angkatan I Tahun 2024 Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi di tutup.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kalteng melalui Kepala UPT. Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Disdik Kalteng, Hana Pertiwi mengatakan, bahwa kegiatan ini menyasar kepada guru dan siswa-siswi yang terbagi menjadi dua angkatan, angkatan satu dilaksanakan pada 27-29 februari  dan angkatan dua dilaksanakan pada 1-3 maret.

“Ini merupakan langkah awal sebelum disusunnya Peraturan Gubernur Kalteng tentang Kepramukaan pada Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB se Kalteng,adapun kegiatan internalisasi nilai-nilai kepramukaan ini diterapkan bagi guru maupun peserta didik,” ucapnya, Kamis 29 Februari 2024.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tak Kunjung Cair, Presma BEM UPR Angkat Bicara

Dalam kegiatan internalisasi nilai-nilai kepramukaan Guru sebagai pembina ekstrakurikuler kepramukaan,sedangkan untuk peserta didik dari beberapa sekolah, pada angkatan pertama, peserta siswa berjumlah 105 orang dari 35 sekolah.

“Seiring berkembangnya kemajuan teknologi dan kemajuan zaman hal ini sangat memberikan dampak terhadap karakter atupun perilaku. Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan nilai-nilai kepramukaan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Selain itu juga, dengan terselenggaranya kegiatan ini berharap bahwa nilai-nilai keperamukaan ini betul-betul bisa dilaksanakan di lingkungan di mana peserta didik maupun guru berada, sebab di era globalisasi ini banyak pengaruh terhadap karakter yang memang harus di tanamkan.

BACA JUGA:   Langkah Muhammad Syauqie untuk Menjadi Gubernur Kalteng Terhalang Ini

“Nilai-nilai karakter kepramukaan seperti religius, bekerja sama, dan disiplin yang sudah disampaikan oleh narasumber baik dari keluarga maupun pembina pramuka yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah ini,” lanjutnya.

Selain aktifnya kegiatan ekstrakurikuler Pramuka ini, Ia juga berharap output dari kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter dari para peserta didik dan menerapkan di daerah masing-masing.

“Tentunya itu kita harapkan bisa dilaksanakan di lingkungan di mana pun peserta didik berada. Mereka bisa melaksanakan selain kegiatan ekskul kepramukaan, yang sangat terpenting adalah nilai-nilai dari kepramukaan itu,” ungkapnya.(yud)