Pemkab Sukamara Bidik Program Beasiswa Indonesia Emas Daerah Untuk Peningkatan Kualitas SDM

ENN/BERITA SAMPIT - Sekda Sukamara Rendy Lesmana saat sosialisasi rencana MoU dengan Yayasan Adiluhung Nusantara.

SUKAMARA – Sekretaris (Sekda) Sukamara Rendy Lesmana mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kabupaten Sukamara berencana melakukan kerjasama atau MoU dengan Yayasan Adiluhung Nusantara yang ditunjuk oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Rendy Lesmana menerangkan jika APKASI merupakan organisasi yang dibentuk dirumuskan dan dicita-citakan oleh semangat reformasi untuk menjadikan otonomi daerah sebagai jawaban bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. APKASI dalam hal ini memiliki fokus utama dalam mendorong terwujudnya visi Indonesia emas 2045 yakni pengembangan SDM dan penguasaan iptek.

“Untuk mewujudkan cita-cita Indonesia emas itulah maka APKASI hadir dalam proses beasiswa Indonesia emas sebagai suatu program berkelanjutan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM daerah,” kata Rendy Lesmana, Kamis 29 Februari 2024.

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Sampaikan LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2023 

“Yakni dengan memfokuskan pada penyelenggaraan beasiswa dalam dan luar negeri bagi putra-putri terbaik di daerah,” lanjutnya.

Menurut Rendy Lesmana, pembangunan manusia dan pendidikan menjadi tolak ukur atas keberhasilan pembangunan di segala sektor terutama ekonomi. Hal tersebut yang perlu disadari bersama bahwa selaku aktor kebijakan di daerah memiliki tanggung jawab nyata dalam memenuhi aksesibilitas pendidikan merata dan inklusif untuk seluruh masyarakat.

“Kemudahan atas pendidikan menjadi salah satu acuan dari penilaian atas beberapa kualitas sdm yang dimiliki oleh negara yang mana hal ini sebagai modal untuk mencapai pembangunan ekonomi yang lebih baik,” kata Rendy Lesmana.

“Adapun misi ini dapat diwujudkan apabila terdapat kerjasama yang berkesinambungan oleh seluruh pihak termasuk perguruan tinggi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukamara,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

APKASI, lanjut Rendy Lesmana selaku organisasi pemerintah akan mengambil peran sebagai katalisator dalam membangun hubungan sinergis berbagai pihak baik dengan para ahli praktisi dan pemerintah untuk merumuskan upaya strategis bidang pendidikan dalam menyelenggarakan misi pembangunan SDM jangka panjang melalui penyelenggaraan beasiswa daerah Indonesia emas.

“Program beasiswa Indonesia emas merupakan program unggulan yang diperuntukkan bagi putra-putri daerah untuk mengenyam pendidikan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri, program ini bekerja sama dengan 21 perguruan tinggi di dalam negeri serta perguruan tinggi di luar negeri untuk mewadahi masyarakat hingga memiliki daya saing yang kuat,” tukas Rendy Lesmana. (enn)