Wisata Pustaka TK Progam Baru Dispursip Kobar

IST/BERITA SAMPIT - Tampak anak-anak daro TK Putera Harapan sedang berkreasi , pada acara Wisata Pustaka TK di Dispursip Kabupaten Kobar.

PANGKALAN BUN – Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) merupakan awal dimana anak serba ingin tahu, yang ada disekitar kita dan lingkungan lainnya. Maka dalam rangka mendorong tumbuhnya keinginan tahuan anak-anak TK.

Adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar, dalam program barunya, telah mengadakan Wisata Pustaka dan Kelas Berbagi bersama TK Putera Harapan Kumpai Batu Bawah.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong tumbuhnya minat baca pada anak-anak sejak usia dini dan menjalankan fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar.

Rombongan anak-anak TK Putera Harapan disambut secara langsung oleh tim dari Dispursip Kobar, yakni Pustakawan Ahli Muda Zokhratus Safhidah dan Imelda N. Pakpahan, Pustakawan Mahir Cicih Sri Wahyuni, Pustakawan Terampil Lucyana Kartikasari dan Pengelola Bahan Pustaka Ricka Ayu Roselin, serta Tenaga Perpustakaan Linna Diana dan Sri Wahyuni di halaman Dispursip.

Wisata Pustaka dilaksanakan di aula serbaguna lantai 1 Dispursip Kobar bersama anak-anak TK Putera Harapan yang akan diikuti oleh 35 anak. Pada pelaksanaan kegiatan wisata pustaka, anak-anak terlebih dahulu diperkenalkan tentang perpustakaan dan diisi kegiatan story telling. Kegiatan story telling Dispursip Kobar menghadirkan narasumber Peragawati.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

Pada saat kunjungan, TK Putera Harapan diajak untuk mendengarkan story telling yang disampaikan oleh Narasumber yakni Peragawati. Peragawati adalah juara harapan 3 lomba story bagi ibu rumah tangga tahun 2022 dengan judul cerita “Pertualangan Gajah”.

Selain itu, anak-anak TK Putera Harapan diajak membuat kelinci dari kertas origami dan bermain di area ruang bermain anak.. Adapun tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk melatih dan mengasah kemampuan saraf motorik halus anak, konsentrasi, kesabaran serta melatih koordinasi mata dan tangan pada anak.

Sambil menunggu anak-anak, orang tua wali murid TK Putera Harapan mengikuti kegiatan kelas berbagi parenting dengan menghadirkan narasumber Citra Dewi selaku Read Aloud Trainer dengan didampingi Pustakawan Ahli Muda, Imelda N. Pakpahan dan Pustakawan Mahir, Cicih Sri Wahyuni. Kegiatan ini dilaksanakan di aula serbaguna Dispursip Kobar. Kegiatan ini dihadiri 31 orang tua wali murid TK Putera Harapan.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

Sebelum kegiatan kelas berbagi, Pustakawan Ahli Muda, Imelda N. Pakpahan menyampaikan sosialisasi layanan kepada orang tua wali murid TK Putera Harapan. “Untuk menjadi anggota perpustakaan, sangatlah mudah cukup datang ke perpustakaan dan membawa kartu identitas, yakni KTP/KIA bila pemustakanya pelajar maupun anak-anak. Apabila telah menjadi anggota, ibu-ibu atau anak-anak bisa meminjam koleksi bahan pustaka sebanyak 2 eksemplar selama 7 hari” jelas Imelda.

Dengan adanya kegiatan kelas berbagi parenting ini diharapkan orang tua wali murid dapat membiasakan anak-anak dan mampu menumbuhkan minat baca pada anak melalui bahan bacaan sejak usia dini. (Man).