Legislator Kalteng Ini Imbau Masyarakat Waspada Berbagai Jenis Aksi Penipuan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mengimbau, masyarakat supaya tetap waspada terhadap berbagai jenis aksi penipuan yang dilakukan khususnya melalui medsos.

“Masyarakat harus teliti dan waspada, ketika ada yang menghubungi dengan mengatasnamakan saudara atau menawarkan barang, dan sebagainya, jangan dulu mudah percaya,” ucapnya, Minggu 3 Maret 2024.

Saat ini ada banyak penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab, diantaranya dengan menduplikat akun medsos seperti facebook maupun WhatsApp.

BACA JUGA:   Saling Menghormati dan Tetap Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

Dalam menduplikat akun medsos itu mulai dari milik masyarakat sampai pejabat dan menghubungi orang-orang terdekat seperti teman maupun keluarga yang bersangkutan, apabila tidak waspada maka akan tertipu.

Ia pun mengalami hal serupa baru-baru ini, ada oknum tak bertanggungjawab, yang menduplikat akun atau nomor WhatsApp miliknya dan sempat menghubungi sejumlah orang.

“Disini saya pastikan bahwa akun atau nomor WhatsApp itu bukan milik saya, kemungkinan ada yang sengaja mengatasnamakan saya untuk menipu orang-orang, ini yang harus diwaspadai,” lugasnya.

BACA JUGA:   Pemda Agar Dapat Tanggap Memberikan Perhatian Kepada Masyarakat Terdampak Banjir

Ia berharap, aksi penipuan seperti itu dapat diatasi oleh pemerintah maupun aparat penegak hukum, baik dengan melacak akun atau nomor-nomor yang diduga untuk menipu tersebut maupun dengan cara lainnya.

“Hal itu penting dan perlu dilakukan, agar tidak ada lagi kedepan masyarakat yang tertipu, kita pastinya mendukung pemerintah maupun aparat penegak hukum memberantas aksi penipuan ini,” pungkasnya. (Hardi)