Wujudkan Kemandirian Pangan, Pemkab Gunung Mas Dukung Program Prioritas Nasional Desa Pangan Aman

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing saat foto bersama usai kegiatan advokasi program prioritas nasional tahun 2024.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menyambut baik pelaksanaan tiga program terpadu nasional di Kabupaten Gunung Mas. Sebagai kabupaten yang memiliki potensi besar di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

“Kabupaten Gunung Mas dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya untuk memberikan keuntungan berinvestasi dan menawarkan lapangan pekerjaan bagi UMKM, khususnya di tempat-tempat objek wisata daerah dalam upaya pengembangan sektor pariwisata dan peningkatan ekonomi penduduk,”ungkap Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, Senin 4 Maret 2024.

BACA JUGA:   Wujud Kepedulian Institusi: Kapolres Gunung Mas Berikan Bantuan Kursi Roda Pada Personel

Lebih lanjut dikatakannya, dalam upaya memastikan konsumsi pangan yang aman, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memperkenalkan program prioritas nasional desa pangan aman.

“Program ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat khususnya usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dalam upaya menciptakan kemandirian pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Gunung Mas,”tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, ia mengharapkan program tersebut mampu memberdayakan masyarakat dan UMKM dalam pengembangan industri pangan. Selain itu, program pasar aman berbasis komunitas juga perlu diimplementasikan di Kabupaten Gunung Mas.

BACA JUGA:   Wujudkan Gunung Mas Bebas Narkoba: Tugas Bersama Anak Muda dan Orang Tua

“Pasar harus memenuhi persyaratan sanitasi dan kebersihan serta menyediakan produk yang bermutu dan bergizi bagi konsumen,” beber orang nomor dua di wilayah Kabupaten Gunung Mas ini.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas kata dia, mendukung program desa pangan aman dan program pasar aman berbasis komunitas harus menjadi prioritas dalam pembangunan kabupaten.

“Dengan program ini, diharapkan masyarakat dapat hidup lebih sehat dengan memilih konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi,”tutupnya. (Ale)