Dewan Minta Dinas Pertanian Perkuat Pengelolaan Lahan untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

IST/BERITA SAMPIT -  Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Untung Jaya Bangas.

KUALA KURUN – Dalam kondisi ekonomi global yang tidak menentu, penting untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan meningkatkan pengelolaan lahan pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Kami berharap, Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas perlu memperkuat pengelolaan lahan yang ada untuk mencapai keberhasilan dalam bidang ketahanan pangan. Pertanian, peternakan, dan perikanan merupakan sektor ekonomi yang penting bagi kemakmuran bagi masyarakat,” ungkap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas Untung Jaya Bangas. Rabu 7 Maret 2024

Politisi dari Partai Demokrat ini menyebutkan, selain membantu mencukupi kebutuhan pangan bagi di daerah, sektor ini merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat. Namun, untuk mencapai tujuan ini, perlu adanya pengelolaan lahan yang baik yang harus diprakarsai oleh Dinas Pertanian.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Masyarakat harus diajak untuk aktif dalam mengelola lahan pertanian, peternakan, dan perikanan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendidikan tentang teknik-teknik dasar pengelolaan lahan,” tuturnya.

Dalam jangka panjang kata dia, bidang tersebut dapat membantu masyarakat menjadi lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri dan juga membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu

“Perkuat pengelolaan lahan dan budidaya perikanan dan peternakan akan membantu menanggulangi perubahan iklim. Dengan mengelola lahan dengan cara yang baik, akan dapat mengurangi dampak negatif perubahan iklim dan mempertahankan keanekaragaman hayati,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakannya, adanya dukungan dari Dinas Pertanian, dengan berbagai program pelatihan dan bantuan peralatan, dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Gunung Mas.

“Kita harus bersama mengelola lahan dengan baik dan budidayakan semua sumber daya alam yang ada untuk mencapai tujuan kita dalam memperkuat ketahanan pangan,”tutup Untung Jaya Bangas. (Ale)