Pengamanan di Perairan saat Ramadan Bakal Diperketat Polairud Polda Kalteng

JIMMY/BERITASAMPIT - Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol Handono Subiakto.

SAMPIT – Pengamanan lalulintas di perairan saat bulan suci Ramadan bakal diperketat oleh Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah, termasuk arus mudik jalur laut.

Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol Handono Subiakto menegaskan dan memastikan keamanan para pemudik Idulfitri nantinya saat ditemui di Mako Polairud Polda Kalteng pada Senin 4 Maret 2024 lalu.

“Polairud Polda Kalteng akan mendirikan pos pengamanan disejumlah pelabuhan dan bekerjasama dengan instansi terkait,” kata Handono.

Handono menambahkan, Polairud Polda Kalteng akan berkoordinasi dengan pihak kesyahbandaran, pelayaran, serta pemilik kapal.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Tegaskan PPPK Tidak Boleh Mengajukan Pindah Tempat Tugas

“Dengan begitu kami akan mengetahui apa saja yang diangkut, serta jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal sehingga dapat mempertimbangkan tindakan yang akan dilakukan,” tutur Handono.

Menurut Handono, dengan mengetahui jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal Polairud Polda Kalteng dapat mengawal baik arus mudik maupun arus balik mudik.

Polairud Polda Kalteng akan mengambil langkah pengamanan sesuai dengan tingkat kerawanan.

Tindakan yang diambil dapat berupa patroli, pengawasan terhadap kapal, mengawal dengan menggiring kapal, hingga tak menutup kemungkinan ada personel Polairud Polda Kalteng yang ikut di kapal.

BACA JUGA:   Sidang Kematian Mahasiswi Kedokteran: Sebut Korban Bukan Seorang Peminum Hingga Kuasa Hukum Cerca Soal Postingan di Toko Miras

“Itu semua tergantung tingkat kerawanannya, kami akan mengambil tindakan yang diperlukan,” jelas Handono.

Selain arus mudik, Handono menegaskan Polairud Polda Kalteng juga akan mengawal pasokan pangan selama bulan Ramadan yang datang dari luar daerah melalui jalur laut.

Menurut Handono hal tersebut juga penting untuk dilakukan memastikan pasokan pangan aman selama bulan ramadan.

“Pasokan pangan juga perlu dikawal untuk memastikan pasokan pangan yang masuk dari luar daerah selama Bulan Ramadhan akan aman,” tutup Handono.

(Jimmy)