Ini Jawaban Plt Kadisdik Kalteng Terkait Kejelasan Penyaluran Beasiswa Tabe

IST/Berita Sampit - Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng M Reza Prabowo.

PALANGKA RAYA – Akun Dinas pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, dibanjiri beragam komentar yang berisi komentar mempertanyakan kejelasan penyaluran beasiswa tabe.

Menjawab hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng M Reza Prabowo mengatakan, terkait dengan penyaluran beasiswa tabe di tahun 2024, dinas pendidikan provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan seleksi sebanyak 13.113 orang nominatif mahasiswa penerima beasiswa tabe.

“Mahasiswa penerima tabe tersebut terdiri dari mahasiswa tidak mampu, mahasiswa tugas akhir dan mahasiswa wirausahawan muda. Sehubungan dengan ini dinas pendidikan beberapa waktu yang lalu telah mengirimkan data sebanyak 13.113 data ini ke PT Bank Kalteng, untuk diterbitkan nomor rekening secara kolektif, ” ucapnya, Rabu 13 Maret 2024.

Selain itu, lanjutnya, diterbitkan rekening secara kolektif dengan maksud supaya penyaluran beasiswa ini semuanya bisa tersalurkan 100 persen dengan aman, karena ini merupakan evaluasi dinas pendidikan juga di tahun 2023.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

“Ada sekitar 300 nomor rekening yang tidak valid, maka dari itu kita ingin sama-sama tahu bahwa beasiswa ini dibutuhkan oleh mahasiswa dan alhamdulillah di tahun 2024 kenaikan beasiswa ini luar biasa, mulai dari Rp1.500.00 dinaikan menjadi Rp7.500.000 adapun Rp7.500.000 nanti disalurkan dalam tiga tahap, sebagai mana arahan bapak gubernur,” tambahnya.

Selain itu juga hal ini dimaksudkan, agar uang ini bisa terkelola dengan baik mengingat ini sudah memasuki bulan Maret proses pencetakan kartu sedang berjalan, ini juga sudah ranahnya bank Kalteng.

“Saya juga dalam hal ini sudah berkoordinasi dengan direktur utama Bank Kalteng bapak Marzuki, ini juga proses percetakan didalam nya ada persetujuan bank indonesia karena mencetak ada mekanisme perbankan yang harus kita lalui, karena harus mencetak ribuan kartu ini tidak mudah, saya juga tidak paham bagaimana untuk proses percetakan, tahapannya segala macam itu kita serahkan kepada PT Bank Kalteng,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Setelah selesai nomor rekening sudah tersedia saat ini, ketika nomor rekening sudah siap terus kemudian kartu juga sudah tercetak 100 persen baru seluruhnya bisa dilakukan penyaluran beasiswa nya.

“Tentunya kita sama-sama doakan dan kalau saya lihat dari berita tidak ada masalah, apalagi besok ada rencana kegiatan demo dari perwakilan mahasiswa yang menjadi hak kita menyampaikan aspirasi, hanya saja harapan kami khususnya dinas pendidikan Kalimantan Tengah, karena Dinas pendidikan ini merupakan sahabat mahasiswa, dimana kita juga tahun ini sudah siapkan anggaran-anggaran untuk pembinaan mahasiswa sudah disiapkan anggarannya ada dinas pendidikan dan kami berharap agar pelaksanaan kegiatan besok bisa dilakukan dengan tertib, penyampaian aspirasi dapat dilkukan secara intelek sebagai mana kita tahu mahasiswa ini kaum terpelajar,” ungkapnya.(yud)