Dinas P2KBP3A Gunung Mas Kunjungi Kampung KB Kokolaka di Semarang

IST/BERITA SAMPIT - Kepala  DP2KBP3A Kabupaten Gunung Mas Rina Sari bersama rombongan saat foto bersama.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A) melakukan kunjungan ke kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kampung KB Kokolaka yang berada di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, beberapa waktu lalu.

“Saat ini terdapat 23 Kampung KB di Kabupaten Gunung Mas yang akan segera dicanangkan menjadi 25. Selain itu, rencananya seluruh desa di Kabupaten Gunung Mas akan memiliki kampung KB di masa depan. Hal ini menjawab amanat dari Presiden RI yang menyatakan bahwa semua desa harus memiliki Kampung KB,” ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong melalui Kepala DP2KBP3A Rina Sari, Senin 18 Maret 2024.

BACA JUGA:   Safari Ramadan Bupati Gunung Mas: Pentingnya Pembinaan Mental dan Spiritual bagi Generasi Muda

Disebutkannya, kampung Keluarga berkualitas kampung KB Kokolaka merupakan kampung yang terkenal dengan program KB-nya yang berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keluarga kecil berkualitas.

“Program ini dijalankan dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat, mulai dari ibu rumah tangga, remaja, lansia, hingga para pria,” tuturnya.

Melalui program itu kata dia, kampung KB Kokolaka berhasil menurunkan angka kelahiran dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, program ini juga mampu menekan angka kekerasan dalam rumah tangga dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Aksi 1 Analisis Situasi, Upaya Pemkab Gunung Mas Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan untuk Menurunkan Stunting

“Melalui kunjungan itu, kita berharap dapat diimplementasikan di Kabupaten Gunung Mas. Tentunya, dukungan dari seluruh stakeholder dibutuhkan agar program KB dapat berhasil dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” bebernya. (Ale)