Kebakaran Lahan Kosong Gegerkan Warga usai berbuka Puasa

PADAMKAN : IST/BERITASAMPIT - Petugas Pemadam Kebakaran saat melakukan proses pemadaman pada lahan kosong yang terbakar.

SAMPIT – Kebakaran lahan kosong yang diduga akan dipakai untuk dibangun bangunan di Jalan Kurnia Hasan 3, Kecamatan Bamaang, Kotawaringin Timur gegerkan warga.

Pasalnya warga Kelurahan Baamang Tengah saat itu usai berbuka puasa dan akan melaksanakan salat tarawih, tiba-tiba api besar menyala dengan asap membumbung tinggi.

Insiden kebakaran itu terjadi sekitar pukul 18.15 WIB Minggu 24 Maret 2024 malam, warga yang panik karena api dengan cepat membakar semak belukar yang kering membuatnya semakin besar.

BACA JUGA:   Lihat Kondisi Jalan Rusak Mentaya Hulu, Bupati Kotim Langsung Instruksikan Perbaikan

Ditambah lagi lahan kosong itu berada di samping rumah warga, sehingga warga bernama Aziz lantas melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

“Kami berangkat ke lokasi setelah menerima laporan sekitar pukul 18.24 WIB dan empat menit tiba di lokasi, operasi selesai pukul 19.49 WIB,” kata Susanto Plh Kepala Peleton II Disdamkarmat Kotim.

Petugas dan warga juga dibantu relawan dari Pemadam Kebakaran Baamang Tengah, dan relawan Dompet Peduli Kotim.

BACA JUGA:   Bekas Dermaga Gudang Gembor Sampit Dikeluhkan Warga Sering Digunakan Pesta Miras dan Mesum Pasangan Sejoli

Diduga api berasal dari pembakaran sampah yang sengaja dilakukan oleh pemiliknya pada sore hari hingga api membesar pada malam harinya.

“Lahan kosong ini memang sengaja dibersihkan dan dibakar untuk dibangun bangunan,” kata Asti warga setempat.

Adapun luasan lahan yang terbakar yakni seluas 15 m x 10 m persegi, beruntung tidak ada korban jiwa saat insiden tersebut dan tidak meninggalkan kerugian materil. (Jimmy)