Pemprov Kalteng Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2023

IST/BERITASAMPIT - Foto bersama Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo dengan Kepala Perwakilan BPK RI Kalteng M Ali Asyhar dan jajaran.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kalteng Tahun Anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), Kamis 28 Maret 2024.

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo dalam sambutannya menyampaikan pada hari ini sebagai entitas pelaporan Pemprov Kalteng menyerahkan Laporan Keuangannya kepada BPK RI Perwakilan untuk diaudit.

“Pada penyampaian laporan keuangan ini, total APBD Tahun 2023 pada masing-masing entitas pelaporan dalam Laporan Keuangan Pemprov Kalteng sebagai berikut yakni, anggaran pendapatan sebesar Rp6,6 triliun lebih, dengan realisasi sebesar Rp6,7 triliun lebih, anggaran belanja sebesar Rp7,3 triliun lebih, dengan realisasi sebesar Rp6,3 triliun lebih dan pembiayaan Netto sebesar Rp 709 miliar,” kata Edy Pratowo sambil membaca teks.

BACA JUGA:   Disdik Kalteng Sampaikan Perkembangan Penyaluran Beasiswa TABE

Selain itu, Edy Pratowo mengatakan untuk masing-masing realisasi pendapatan dan belanja serta pengakuan akun-akun aktual, seperti pengakuan piutang, pendapatan diterima di muka, beban dibayar di muka, beban yang masih harus dibayar dan ekuitas untuk masing-masing entitas pelaporan telah disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional dan Laporan Perubahan Ekuitas dan Neraca Tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut pula, Wagub menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Kalteng, dalam pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Tahun 2023 untuk masing-masing entitas pelaporan, telah menyampaikan hasil pemeriksaan pendahuluan atas beberapa permasalahan yang harus ditindaklanjuti sehingga dalam penyusunan laporan keuangan hal-hal yang sifatnya material tidak mempengaruhi akurasi penyajian laporan keuangan.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

“Saya berharap laporan keuangan yang telah disajikan tersebut telah bebas dari salah saji material sehingga Opini Wajar Tanpa Pengecualian dapat dipertahankan untuk Laporan Keuangan Tahun 2023 ini,” pungkas Edy Pratowo.

LKPD Kalteng Tahun Anggaran 2023 diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dan diterima secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Kalteng M Ali Asyhar.

(Sya’ban)