Petani di Pesisir Sukamara Mulai Panen Padi

IST/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor saat melihat proses panen padi yang dilakukan petani di Dusun Teruntum Kecamatan Pantai Lunci.

SUKAMARA – Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Ahmad Hasanuddin mengatakan bahwa saat ini sebagian petani di wilayah Kabupaten Sukamara mulai melakukan panen padi.

Ahmad Hasanudin menjelaskan bahwa panen padi ini tidak serentak karena petani yang menanam lebih awal yang saat ini sudah mulai melakukan panen, sementara sebagian lagi masih menunggu untuk masa panen berikutnya.

“Sebagian tanaman padi milik petani sudah ada yang panen, terutama untuk tanaman yang ditanam lebih awal,” kata Ahmad Hasanuddin, Kamis 28 Maret 2024.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Salurkan Bansos CPP dan BLT-DD di Kecamatan Pantai Lunci

Ahmad Hasanudin menceritakan bahwa hasil panen padi tahun ini cukup bagus, dimana hasil produksi padi milik petani di wilayah pesisir pantai dapat menghasilkan ratusan ton saat panen tersebut.

“Karena belum semua tanaman padi masuk masa panen sehingga belum ada data pasti, tetapi untuk hasil panen sebagian dilahan yang ditanami lebih awal memang cukup bagus,” ujar Hasanuddin.

Adapun wilayah lahan pertanian yang saat ini sudah ada sebagian masuk masa panen padi adalah dilahan pertanian Teruntum Desa Sei Pasir Kecamatan Pantai Lunci.

BACA JUGA:   H Ahmadi Siap Lanjutkan Pembangunan Kabupaten Sukamara

“Setelah lebaran nanti rencana ada panen karena kita masih menunggu informasi selanjutnya dari pihak petani dan desa,” ucap Hasanuddin.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor saat melihat langsung panen padi di lahan milik petani di Dusun Teruntum Kecamatan Pantai Lunci mengatakan bahwa panen padi tahun ini diperkirakan mencapai 500 ton.

“Panen tahun ini diperkirakan mencapai 500 ton dari lahan-lahan yang ada pasca kemarau tahun kemarin,” tukas Kaspinor. (enn)