Momen Mengharukan Peresmian Rumah Dinas Bupati Kobar

IST/BERITA SAMPIT : Suasana acara peresmian dan syukuran Rujab Bupati Kobar.

 

Oleh : Kang Maman

Peringatan HUT Ke-62 Kabupaten Kobar, ada satu kegiatan khusus yang cukup mengharukan, yaitu pada acara peresmian sekaligus syukuran Rumah Jabatan (Rujab) yang telah dibangun cukup megah di Jalan Pangeran Antasari Pangkalan Bun, Senin malam, 4 Oktober 2021.

Pasalnya, Rujab Bupati Kobar yang 10 tahun lalu Kamis, 29 Desember 2011 sempat ‘Menghebohkan’, kini kembali berdiri dibangun dengan megah oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

Pada detik-detik jelang peresmian dan selamatan Rujab tersebut, pantauan penulis, malam itu setelah salat Magrib berjamaah keharuan muncul diawali dengan tausyiah atau ‘siraman rohani yang disampaikan Ustadz Habib Abdurachman dari Kumai.

“Sepuluh tahun yang lalu rumah jabatan Bupati Kobar kosong, sekarang Alhamdullilah telah dibangun kembali. Dan tentunya dibangunnya kembali rujab ini adalah sebuah amanah. Mari kita aplikasikan dalam kehidupan kita untuk bersama-sama menjaga dan melaksanakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT. Jadi kepada para pemimpin janganlah bermain-main dengan amanah,” kata Habib Abdurachman.

Seraya menyampaikan, bahwa jabatan sering melupakan segalanya. Untuk itu mudah-mudahan yang memimpin dan yang menjabat diingatkan oleh Allah SWT, menjadi pemimpin yang jujur dan benar menjalankan tugasnya, demi kesejahteraan masyarakatnya.

BACA JUGA:   Awal Ramadan, Warga Laksanakan Tarawih di Masjid Alhijrah

Suasana haru yang semakin merasuk hati para undangan, ketika Bupati Hj Nurhidayah didampingi Wabup Ahmadi Riansyah, menyampaikan sambutan pidatonya.

“Alhamdulliah selama 4 tahun perjalanan saya menjadi Bupati bersama Pak Ahmadi Riansyah sebagai Wakil Bupati, tentunya banyak PR-PR yang belum tertuntaskan, tapi kami berdua sangat bersyukur walaupun PR-PR belum dituntaskan kamipun berdua telah banyak merubah pembangunan kearah yang lebih baik,” kata Hj Nurhidayah.

Sejak awal masa tugasnya sebagai Bupati hingga awal masa pandemi Covid-19 sampai sekarang Visi dan Misi serta beberapa program prioritas utama pembangunan sudah bisa tercapai dengan baik.

“Kami mohon maaf kepada warga masyarakat Kotawaringin Barat, karena hanya inilah karya kami yang telah diberikan untuk masyarakat. Khususnya untuk pemulihan ekonomi, pada sektor Kesehatan,Infrastruktur dan perekonomian sudah bisa dicapai dengan baik,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampai terimakasih kepada unsur Pimpinan DPRD dan seluruh anggotanya, yang selama ini telah mendukung program kerjanya untuk meningkatkan pembanguan Kabupaten Kobar, sehingga sejumlah prestasi dari berbagai sektor pembangunan bisa diraih dari Pemerintah Pusat, karena sudah diwujudkan dengan hasil kerja sama semua pihak.

BACA JUGA:   SMAN 2 Kumai Bagi-Bagi Paket Sembako dan Infak Ramadan 1445 H, Kepsek Drs. Ridwan: Wujud Peduli Sesama Tunai Tugas Ilahi

Antara lain belum lama ini prestasi dari Wakil Presiden RI Prestasi Peringkat III dalam Penganugerahan Abdi Bakti Tani 2021 yaitu daerah dengan ekspor komoditas pertanian tertinggi secara nasional.

“Kami titip kepada seluruh Kepala SKPD, agar terus meningkatkan prestasi dan selalu mempunyai ide kreatif demi pembangunan Kabupaten Kobar. Dan sesuai dengan tema HUT ke-62 Kabupaten Kobar, mari kita tingkatkan pembangun bersama untuk mewujudkan Kobar Jaya,” pungkas Bupati.

Untuk diketahui proses pembangunan Rujab Bupati Kobar yang dikerjakan hampir 3 tahun lebih dikerjakan selama tiga tahap, menyerap anggaran masing-masing Tahap pertama Rp 3,8 milliar, Tahap kedua Rp 5,1 milliar dan Tahap ketiga Rp 3,4 milliar, kemudian adanya rasionalis anggaran menjadi Rp 2,1 milliar.

* Penulis adalah wartawan beritasampit yang berdomisili di Kota Pangkalan Bun.