Pemkab Gumas Gelar Pertemuan Forum Data Gender dan Anak Tingkat Kabupaten

M.Slh/BERITA SAMPIT - Sekda Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson saat memberikan sambutan.

KUALA KURUN – Bupati Kabupaten Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, di wakilkan Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas, Yansiterson membuka kegiatan Forum Data Gender dan Anak tingkat Kabupaten tahun 2022.

Kegiatan yang digagas Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Gunung Mas dilaksanakan di aula GPU Damang Batu, Selasa 26 Juli 2022.

Sekda Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson mengungkapkan, kegiatan tersebut menindak lanjuti keputusan Bupati Gunung Mas nomor 18 tahun 2020, tentang pembentukan forum data gender dan anak, yang mana tugas forum adalah untuk menyiapkan segala sarana prasarana yang diperlukan untuk pengumpulan Data terpilah Gender dan Anak Tingkat Kabupaten.

BACA JUGA:   Kementerian PUPR Hibahkan BMN ke Gunung Mas Senilai Rp8.7 Miliar

“Hal ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengolah data, untuk disajikan menjadi Data Terpilah Gender dan Anak, dimana data tersebut merupakan informasi awal sebagai pembuka wawasan dan juga sebagai salah satu indikator dalam melihat partisipasi gender,” terang Yansiterson.

Penyediaan data diberbagai sektor, lanjut dia, sudah merupakan keharusan sesuai dengan kesepakatan global. Pemerintah dapat melaporkan keberhasilannya dalam upaya memenuhi komitmen untuk mengurangi atau meniadakan kesenjangan gender dalam pembangunan.

“Dengan diselenggarakannya Kegiatan Pertemuan Forum Data Gender dan Anak Tingkat Kabupaten/Kota ini, diharapkan terbentuk suatu jejaring dan komunikasi antar perangkat daerah dan lintas sektoral. Sehingga tersedia data yang berkualitas yang dapat dipergunakan sebagai acuan, dalam merencanakan dan menentukan arah pembangunan di bidang Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten Gumas,” sebutnya.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Lakukan Safari Ramadan Pertama di Kecamatan Mihing Raya

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik, dan kepada peserta pertemuan Forum Data Gender dan Anak, agar dapat mengikuti dan memanfaatkan kegiatan ini dengan baik,” ucap Yansiterson.

(M.Slh)