Persiapan Festival Balayah Belanting Capai 100 Persen

IST/BERITA SAMPIT : Festival Belayah Belanting sebelum pandemi COVID-19.

NANGA BULIK – Kepala Dinas Pariwisata Lamandau, Meigo melalui Ketua Panitia Festival Balayah Lanting 2022, Yosep Baharu, mengatakan bahwa persiapan Festival Balayah Belanting telah melakukan dengan baik mencapai 100 persen.

“Kendala dapat diminimalisir, persiapan sadah lengkap termasuk tempat pelaksanaan, harapan menarik minat pengunjung dan kembali menghidupkan pariwisata di Kabupaten Lamandau,” ungkapnya, Jumat 4 November 2022.

Yosep menyebut, jumlah peserta yang akan meramaikan Festival Balayah Lanting 2022 sebanyak 69 lanting, terdiri dari dinas badan , desa-desa di Kecamatan Delang, Forkompinda, dan beberapa perorangan, termasuk disiapkan lanting khusus untuk Bupati Lamandau.

BACA JUGA:   Kasus Asusila Terhadap Anak di Lamandau Menjadi Perhatian Serius

“Harapan kita, kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan dapat menarik banyak pengunjung sehingga pariwisata Lamandau kembali bangkit,” pungkasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kasi Promosi Dokumentasi Dispar Lamandau, Edmond Lamey. Ia berharap masyarakat lokal dapat menjadikan momen Festival balayah lanting sebagai peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Berharap masyarakat Delang terutama kelompok sadar wisata semakin bersemangat menangkap peluang dalam pelaksanaan event ini,” ujarnya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Lamandau Hadiri Rakor Persiapan Pengadaan ASN 2024 di Jakarta

Menurutnya, warga setempat dapat memaafkan peluang dengan baik objek yang sudah di siapkan oleh Pemkab Daerah seperti spot selfy bukit lubang kilat dan fliyng fox di desa lopus.

yang sudah di objek wisata yg sudah disupport pemda seperti flying fox desa lopus dan spot selfie bukit lubang kilat desa riam tinggi, maupun kreatifitas swadaya seperti penjualan makan minum hingga cinderamata.

“Semoga saja pariwisata kita kembali bergeliat dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat kita,” pungkasnya. (Andre)