Tiap Kecamatan Diharap Miliki Produk Unggulan

KUALA KURUN – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Untung Jaya Bangas menyarankan agar setiap kecamatan di daerahnya memiliki produk unggulan masing-masing. Disesuaikan dengan potensi, baik itu dibidang pertanian, perkebunan maupun peternakan.

“Mengingat banyak potensi sumber daya alam (SDA) yang bisa dikembangkan, sehingga kita harus sepakat bahwa setiap kecamatan harus memiliki produk unggulan berupa makanan olahan rumah tangga, kerajinan ukir, meubel dan lainnya,” ujarnya, Selasa (10/9/2019).

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, dalam menetapkan suatu produk unggulan, antara kecamatan yang satu tidak perlu sama dengan lainnya. Hal ini tergantung hasil riset, survei dan keinginan masyarakat. Sebab banyak bidang usaha yang bisa dikembangkan.

BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas

“Contoh di suatu kecamatan telah tersedia pakan ternak sapi, maka produk unggulan yang dikembangkan adalah ternak sapi. Kemudian apabila tersedia pakan ayam, maka produk unggulan yang dikembangkan adalah ternak ayam. Ini yang dimaksud dengan menyesuaikan potensi yang tersedia,” tuturnya.

Dia menuturkan, yang juga harus diperhatikan adalah ketersediaan pasar pembeli, sehingga produk unggulan tersebut dapat laris di pasaran. Dengan keberadaan produk unggulan di setiap kecamatan, diharapkan akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Ketum KONI Baru Bisa Membawa Perubahan Bagi Cabor di Gunung Mas

“Nantinya, produk unggulan ini dapat dijual ke keluar daerah, seperti Kota Palangka Raya dan kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kami yakin apabila setiap kecamatan memiliki produk unggulan, maka akan berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)