Penilaian Lomba GSI Tingkat Provinsi Kalteng, Desa Sanggu Sebagai Tuan Rumah

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Penilaian lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, yang akan dilaksanakan pada Tanggal 17 September 2019 yang akan datang. Desa Sanggu Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) sebagai tuan rumah dan mewakili Barsel.

Pejabat (PJ) Pemdes Sanggu Rachman Hermawan ST kepada beritasampit.co.id saat ditemui diruang kerjanya Rabu (11/9/2019) mengatakan, penilaian lomba GSI Tingkat Provinsi Kalteng tersebut akan dihadiri Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST, Unsur Forkopimda dan Ketua TP-PKK Barsel Hj Permana Sari SSi, MM, MBA .

Selain itu juga, akan dihadiri tim penilai Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalteng yang akan menilai program GSI ini nantinya.

BACA JUGA:   Polisi Setop Mobil Calya, Mengejutkan !!! Ternyata Ini Isinya

Dikatakan Rachman, program GSI adalah gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan dan perbaikan hidup perempuan.

“Terutama, untuk lebih menekan lagi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),”katanya.

Menurutnya, dengan mengupayakan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang memiliki peran dalam memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Serta dalam rangka, menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) berkurang dan ini merupakan salah satu manfaat dari GSI tersebut,” beber Rachman.

BACA JUGA:   Lomba Balita Sehat Segera Digelar, Puskesmas Buntok Lakukan Persiapan

Adapun tujuan program GSI ini lanjut Rachman, untuk meningkatkan pengetahuan, kepedulian, komitmen serta peran serta masyarakat dalam upaya integratif dan sinergitas.

“Pada, program percepatan penurunan kematian ibu guna mewujudkan manusia yang berkualitas. Selain itu juga, dengan adanya program GSI ini ikut mendukung program pemerintah dalam hal pencegahan stunting,”jelasnya.

Lebih lanjut Racman juga berharap, dengan akan dilaksanakannya penilaian Lomba GSI Tingkat Provinsi Kalteng nantinnya Desa Sanggu akan mendapatkan nilai yang bagus.

“Sehingga, Desa Sanggu akan dapat mewakili Kabupaten Barsel pada lomba GSI ditingkat Nasional,” tukas Rachman Hermawan.

(ded/berita Sampit.co.id)