Angkat Isu Sampah Di Laut, Empat Instansi Perhubungan Kompak Kerja Sama

PANGKALAN BUN – Volume sampah di perairan laut perlu mendapatkan perhatian. Langkah untuk mengurangi perlu dilakukan, pada saat Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) dilakukan kegiatan pembersihan pantai. Saat ini lembaga dunia telah mengklaim ada 63 juta ton sampah yang dibuang kelaut.

Data tersebut diungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat Hermon Of Lion pada acara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harbupnas) Kamis (12/9/2019).

BACA JUGA:   Bukan Hanya Ada  di Cirebon, Musik Obrog-Obrog Pembangun Sahur Ternyata Juga Ada di Kota Kumai, Kotawaringin Barat

“Masalah sampah di laut ini menjadi perhatian. Makanya dalam Harhubnas di Kumai dilakukan pembersihan sampah di pantai,” kata Hermon, Jumat (13/9/2019).

Dia menjelaskan Harhubnas jatuh pada Selasa 17 September 2019. Namun pihaknya sudah melaksanan sebagian rangkaian kegiatan.

Kegiatan Harbupnas 2019 mengambil tema Merajut Nusantara, Membangun Bangsa, Bukti Nyata Insan Perhubungan Untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju.

Mendukung terlaksananya kegiatan, terdapat 4 instansi terkait teng terlibat, yaitu Dinas Perhubungan, UPBU Iskandar Pangkalan Bun, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai serta Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalan Bun.

BACA JUGA:   Kasus Tindak Pidana Kejahatan Oknum Kades Runtu Paling Unik di Provinsi Kalteng

“Sesuai dengan intruksi Menteri Perhubungan, kita harus berkomitmen agar laut, pantai dan sungai menjadi halaman rumah kita, agar semua orang merasa nyaman. Kegiatan puncak ini dilaksanakan diobyek wisata Pantai Kubu Desa Kubu Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar”,beber Hermon Of Lion. (man/beritasampit.co.id).