TNI : Menwa Aset Generasi Kepemimpinan Negara

Editor : Maulana Kawit

PALANGKA RAYA – Kursus Pelaksana Nasional (Suskalaknas) ke IX Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia Komenwa Kalimantan Tengah (Kalteng) digelar.

Kegiatan yang bertajuk menciptakan kader Menwa berintegritas dalam revolusi industri 4.0 menuju Indonesia unggul ini dibuka secara resmi oleh Danrem 102 Panju Panjung, Kolonel Arm Saiful Rizal di halaman Kompi Yonif Antang Jalan Cilik Riwut Km 6 Palangka Raya. Senin (7/10/2019)

Kegiatan yang diikuti oleh 60 kader Menwa dari perwakilan Kampus se Indonesia ini berlangsung selama dua Minggu kedepan sejak tanggal 4 – 17 Oktober 2019.

Para perwakilan kader yang mengikuti kegiatan ini, diantaranya, dari Aceh, Jakarta, Kalimantan Selatan juga dari Kalteng sendiri.

BACA JUGA:   PPKHI Kota Palangka Raya Temui Rektor UPR, Bahas Soal Ini?

Kepala biro (Kabiro) Akademik Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Brigjen Agus Winarna mengatakan para Menwa yang mengikuti Suskalaknas nasional ini bisa membentuk karakter dalam penyerapan ilmu pertahanan negara.

“Kita berharap para peserta bisa betul-betul mengikuti kegiatan ini, agar ilmu yang didapat nanti dapat diimplementasikan ditengah masyarakat,” ujar Brigjen TNI Agus saat ditemui awak media.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dandrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal dimana ia mengatakan, mahasiswa adalah sebagai calon pengganti dan aset generasi kepemimpinan .

“Maka dari itu disiapkan dari sekarang dan menjadi titik berat, mereka punya referensi punya pengembangan dalam bela negara, dan pembangunan nantinya,” tutur Dandrem.

BACA JUGA:   Mantan Dansatgas Dharma Bhakti Menwa Timor Timur Sampaikan Materi di Suskalaknas ke IX

Sementara itu Komandan Menwa Maharaya Kalteng, Heru Setiawan menegaskan bahwa kegiatan seperti ini dan dalam skala Nasional baru pertama kali.

“Alhamdulillah Kita dipercaya untuk melaksanakan kegiatan ini dan ini perdana untuk skala nasional,” ujar Heru.

Selain itu kegiatan ini dalam rangka
menyongsong era digital, kegiatan yang dilaksanakan ini bisa meningkat Sumber Daya Manusia (SDM).

“Menwa agar siap bersaing, berkarakter serta bisa ikut mengambil bagian menjaga keutuhan, kedaulatan, dan martabat Bangsa ini,” pungkasnya.

(Aul/beritasampit)