RSUD Mas Amsyar Kasongan Dibangun Tingkat 3

RAPAT RENCANA PENGEMBANGAN RUMAH SAKIT : IST/BS - Rapat penyusunan master plan rencana pengembangan RSUD Mas Amsyar Kasongan, diruang rapat Bupati Katingan, Rabu (9/10/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan akan dibangun kembali menjadi tiga tingkat dan bakal dipastikan segera terwujud.

Hal tersebut diketahui, saat Bupati Katingan Sakariyas bersama Wakilnya Sunardi NT Litang serta Sekda Nikodemus menghadiri kegiatan penyusunan master plan rencana pengembangan RSUD Mas Amsyar Kasongan oleh PT Pandu Persada, diruang rapat Bupati Katingan, Rabu (9/10/2019).

Bupati Sakariyas, mengatakan pihaknya memang dari awal tidak berencana membangun rumah sakit di lokasi yang baru, karena RSUD Mas Amsyar Kasongan yang berada di Jalan Tjilik Riwut tersebut sudah dinilai cukup strategis. Sebab, arealnya berada di tepi Jalan Trans Kalimantan.

BACA JUGA:   Sembilan Desa di Katingan Terisolir Jaringan Telekomunikasi, Diskominfo Usulkan ke Pemerintah Pusat

“Lokasinya berada di perlintasan, kalau ada warga Kota Sampit mau ke Palangka Raya atau sebaliknya pasti melewati Kasongan. Bahkan beberapa waktu lalu, ibu dari pak Gubernur kita saat hendak ke Pangkalan Bun sempat dirawat di RSUD Mas Amsyar Kasongan setelah sebelumnya terjatuh di toilet saat berada di Kereng Pangi,” jelas Sakariyas yang juga Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan.

Sebelumnya, dilakukan pemaparan dari perwakilan PT Pandu Persada, Juni dan Permadi secara bergantian untuk menjelaskan terkait penyusunan master plan rencana pengembangan RSUD Mas Amsyar Kasongan

Juni menyampaikan, areal RSUD Mas Amsyar yang akan dikembangkan hanya memiliki luas areal kurang dari 2 hektare. Sehingga pengembangannya dilakukan secara vertikal tidak horizontal.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Lantikan Damang Kepala Adat Katingan Hilir

Hal tersebut, karena ketersediaan areal minim. Sehingga rumah sakit ini bakal dibangun bertingkat. Selain itu untuk Ketersediaan lahan parkir juga terbatas.

“RSUD Mas Amsyar Kasongan sebagai rumah sakit type C yang harapannya 10 tahun ke depan dikembangkan baik pelayanannya maupun fisik bangunan,” ucapnya.

Perlu diketahui, kegiatan penyusunan master plan rencana pengembangan RSUD Mas Amsyar Kasongan tersebut, juga dihadiri dari SOPD seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hap Bapperdo, Kepala Dinas Perkimtan Krisolid Elbaart dan Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan, dr Agnes Nissa Paulina.

(ar/beritasampit)