Bongkar Jaringan Narkoba di Sanaman Mantikei

PENANGKAPAN NARKOBA : IST/BS - Jajaran Polres Katingan saat musnahkan barang bukti Narkoba, di halaman Mapolres Katingan, Rabu (23/10/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Katingan menyita barang bukti berupa narkoba jenis sabu dengan berat kotor 56,75 gram sabu, dan kemudian dilakukan pemusnahan di halaman Mapolres Katingan, pada Rabu (23/10/2019).

Barang bukti yang disita tersebut saat pihak Polres Katingan melakukan Operasi Antik Telabang tahun 2019 di wilayah hukum Polres Katingan, dengan dua orang tersangka, di Desa Rantau Bangkiang, RT 003/RW 00,  Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, pada Jumat (4/10/2019), sekira pukul 13.00 Wib.

Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting, SIK melalui Wakapolres Kompol Ok. Azhar,  kepada wartawan mengatakan Operasi Antik Telabang 2019 berhasil membongkar jaringan pengedar narkoba jenis sabu di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

Dari tangan tersangka dengan inisial FF (36) selain barang bukti sabu Satnarkoba juga menyita barang bukti berupa dua buah timbangan, dua buah gunting, 20 plastik klip ukuran kecil, sedotan, satu unit handphone merek Xiaomi.

“Tersangka mengaku, bahwa sabu itu untuk diedarkan di wilayah Desa Rantau Bangkiang Kecamatan Sanaman Mantikei,” imbuh Wakapolres didampingi Kasatresnarkoba Iptu M Yosef, Rabu (23/10/2019).

Lanjutnya, menjelaskan bahwa kronologis penangkapan Tersangka bermula dari adanya informasi dari masyarakat bahwa di Desa Rantau Bangkiang, ada seorang pengedar Narkoba. Mendapati info tersebut Satresnarkoba langsung melakukan penyelidikan.

Kemudian anggota melakukan penggerebekan di rumah tersangka, saat hendak ditangkap tersangka sempat kabut melalui jendela dan di dalam rumah ada seorang tersangka lainnya dengan inisial MA. Saat digeledah di saku celana MA terdapat satu paket diduga sabu.

BACA JUGA:   Aksi Pencurian Satu Karung Timun di Pasar PPM Sampit Terekam Kamera

Setelah dilakukan pengejaran tersangka FF dapat diamankan dan diminta menyaksikan kegiatan penggeledahan rumah tersangka dan ditemukan barang bukti yang diduga sabu berikut peralatan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Ok,  mengimbau agar masyarakat membantu Polres Katingan memberantas narkoba, untuk mewujudkan Katingan Bermartabat bebas dari peredaran narkoba. 

“untuk mempertanggung jawablan perbuatannya,  tersangka dijerat dengan pasal 112 ayat (2) UU RI No, 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling lama 20 tahun penjaran dan denda maksimL Rp 8 Milyar,” pungkasnya. 

(ar/beritasampit)