Enam Wakil Rakyat Ini Belajar Banyak dari Bekasi

FOTO : Enam orang anggota DPRD Gunung Mas ketika foto bersama disela kaji banding ke DPRD Kota Bekasi, Jumat (25/10/2019).
KUALA KURUN – Usai kunjungan kerja ke Kota Bogor, jajaran anggota DPRD Gunung Mas yaitu wakil ketua DPRD Binartha, Untung Jaya Bangas, Evandi, Iceu Purnamasari, Espriadi dan Yuniwa kembali kaji banding ke Kota Bekasi Provinsi Jabar. “Kunjungan kerja ke Bekasi dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai 27 Oktober 2019. Sebagai daerah yang sudah lebih dulu maju, kami mempelajari banyak hal dari kota itu dan tentunya dapat diterapkan di daerah kita,” ungkap anggota DPRD Gunung Mas, Untung Jaya Bangas, Sabtu (26/10/2019). Dalam pertemuan bersama jajaran DPRD Kota Bekasi, diketahui bahwa luas daerah tersebut  210,49 km2, jumlah penduduknya kurang lebih 2,2 juta jiwa, terdiri dari 21 Kecamatan dan 56 kelurahan.
BACA JUGA:   Dewan: Perbaikan Infrastruktur di Dapil III Perlu Perhatikan Pemkab Gunung Mas
“APBD mereka Rp 6,6 triliun dan PAD Rp 2,9 triliun. Wali kotanya dilantik tahun 2018 lalu dengan mengusung visi yaitu Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan,” sebutnya. Politikus Demokrat itu menambahkan, sedangkan misi pembangun Kota Bogor yaitu peningkatan efektifitas sistem pendidikan dasar sembilan tahun gratis dan subsidi siswa keluarga miskin, penguatan sistem tata kelola layanan Kartu Sehat (KS) berbasis NIK yang selaras dengan jaminan kesehatan nasional, peningkatan kapasitas layanan sistem informasi kesehatan, pengembangan sistem layanan sosial terpadu (pendidikan, kesehatan dan penyandang masalah kesejahteraan sosial).
BACA JUGA:   Dewan Tegaskan Penting Terus Pantau Kondisi Anak Melalui Posyandu
“Lalu peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, peningkatan kapasitas lembaga kursus dan pelatihan yang menghasilkan lulusan yang tersertifikasi, pembukaan peluang 150.000 tenaga kerja baru melalui peningkatan kompetensi, pengembangan usaha baru dan penyelenggaraan bursa kerja, pembentukan Bekasi City Start Up melalui kerja sama pengembangan inkubator bisnis untuk melahirkan wirausaha baru dan misi membangun lainnya,” jelas Untung. Kunjungan kerja itu sangat bermanfaat bagi pihaknya selaku wakil rakyat, terlebih dari segi kebijakan pemerintah daerah yang telah berjalan cukup baik sejauh ini. “Kita dapat bekerjasama dengan daerah lainnya seperti Bekasi dalam hal pengembangan industri, sehingga industri di Gunung Mas dapat berkembang,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)