Pilih Pengurus Baru, Pemuda Muhammadiyah Katingan Gelar Musda

PEMBUKAAN : AR/BS - Asisten II Bupati Katingan Ahmad Rubama saat membuka kegiatan Musda, di aula Masjid Nurul Iman Muhammadiyah Kasongan, Sabtu (26/10/2019).

KASONGAN – Organisasi Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Katingan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V guna memilih Pimpinan yang baru periode 2019-2024. Acara berlangsung di aula Masjid Nurul Iman Muhammadiyah Kasongan, Sabtu (26/10/2019) malam.

Kegiatan musda V mengusung tema menggembirakan dakwah islam menuju Katingan Bermartabat dibuka  oleh Asisten ll Sekretariat Daerah Katingan Ahmad Rubama, serta dihadiri Camat Katingan Hilir, Kepala Kantor urusan agama Katingan, ketua BKPRMI Katingan, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Provinsi Kalteng, PD Muhammadiyah Katingan, PD Pemuda Muhammadiyah Katingan, PD Pemuda Muhammadiyah Provinsi Kalteng, IPM Katingan, IMM Katingan, Peserta Musda V  dan tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Asisten II Sekretariat Daerah.  Katingan Ahmad Rubama pemerintah daerah berharap agar keterlibatan organisasi ini dapat membantu dan berpartipasi serta mendukung kelancaran kemajuan pelaksanaan pembangunan daerah yang sesuai dengan visi-misi Katingan yaitu Katingan Bermartabat.

“Selamat bermusyarah, semoga Musda ke V Pemuda Muhammadiyah Katingan ini menghasilkan pengurus-pengurus yang mempunyai Kapasitas, tanggung jawab untuk memajukan organisasi dan seluruh anggotanya, dan bisa memajukan serta mengembagkan hal-hal diluar organisasinya,” kata Rubama.

BACA JUGA:   Jelang Buka Puasa, Pj Bupati Katingan Blusukan ke Pasar Ramadan

Sementara, PD Pemuda Muhmadiyah Samsuwidarta, menjelaskan bahwa Musda  V Pemuda Muhammadiyah ini merupakan forum tertinggi dalam organisasi di tingkat kabupaten dan kota. Kemudian, memiliki posisi dan peran strategis bagi perjalanan organisasi di masa mendatang, mengingat nantinya akan diputuskan pedoman dan juga program kerja serta pemilihan pimpinan organisasi yang baru.

Lanjutnya menjelaskan, dimasa kepengurusannya ini sudah banyak suka duka yang dialami, begitu banyak dinamika organisasi yang terjadi. Karena semua itu membuat dirinya beserta anggota semakin sadar, bahwa berjuang menegakkan kaidah organisasi memang tidak mudah. 

“Harapan pada Musda ke V, pemuda muhammadiyah Kabupaten Katingan bisa mengibarkan benderanya dan berguna dan bermanfaat, terutama untuk masyarakat kabupaten katingan dan untuk Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

Ketua Panitia Musda V Pemuda Muhammadiyah Ihwanayah menambahkan, kegiatan Musda ini dilaksanakan 5 tahun sekali dan pada nantinya akan dipilih ketua yang baru dan akan melanjutkan kepimimpinan yang lama periode 2019-2024.

“Kegiatan ini mulai pada tanggal 25 -27 Oktober 2019, dan pada paginya kami sudah melaksanakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakan kegiatan Musda yaitu dengan dengan pawai Ta’aruf dan pentas seni yang diikuti TK aisyiyah, IMM Muhammadiyah, MTs Muhammadiyah, Hizbul Wathan, SD Aisyiyah,  SMA Muhammadiyah,” ujarnya.

Untuk peserta Musda  V Pemuda Muhammadiyah ini ada sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah katingan, serta Pimpinan Cabang yang sudah terbentuk di Kecamatan, seperti di Kecamatan Katingan Hulu, Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Pulau Malan, Kecamatan Katingan Hilir, dan Kecamatan kampinang serta Kecamatan Tasik Payawan.

(ar/beritasampit)