Sekda Kotim Sarankan Masyarakat Tanam Jagung dari pada Sawit

Panen Jagung (BS/JUN) : Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor, panen perdana jagung komposit di desa Jaya Kelapa, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kamis (14/11/2019).

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) Halikinnor mengimbau kepada seluruh masyarakat wilayah bagian Selatan Kotim untuk menaman tanaman jagung, karena menanam jagung lebih menguntungkan dari pada sawit.

Saat ini di Desa Jaya Kelapa, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. sudah ada investor yang mengembangkan jagung komposit atau jagung untuk makan ternak.

Para investor tersebut telah menanam jagung 15 hektar dan hasilnya sangat cukup memuaskan.

BACA JUGA:   Lapak Pengepul CPO Ilegal di Sampit Menjamur, Disinyalir Terima Penggelapan

“Saya berkeinginan masyarakat juga mengelola lahan kosongnya untuk menanam jagung ini karena hasilnya lebih menguntungkan dari pada sawit,” ucap Sekretaris Daerah Halikinnor, Jumat (15/11/2019).

Halikinnor mengatakan, untuk bibitnya sendiri masyarakat bisa berkordinasi dengan Dinas Pertanian dan pastinya akan di bantu untuk masalah bibit serta akan diberikan bimbingan, agar bisa menghasilkan jagung komposit yang bagus dan besar.

BACA JUGA:   Apel Serah Terima Regu Pengamanan Wujud dari Kedisiplinan Petugas Lapas Sampit

“Harga jagung ini lebih stabil dari pada sawit dan untuk panennya sendiri jagung lebih cepat dari pada sawit,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Halikinnor menjelaskan keuntungan menanam jagung, hanya membutuhkan 3 bulan bisa di panen, kalau sawit bisa bertahun-tahun.

“Saya yakin sekali kalau masyarakat kita di daerah Selatan ini mengembangkannya maka perekonomian mereka akan maju, apalagi nanti akan dibangun pabrik jagung di daerah sini,” akhirnya.

(Put/Beritasampit)