Lokakarya Replikasi Inovasi Desa

Keterangan foto : Camat Dusel Mario Aan, saat menyampaikan paparannya dikegiatan Lokakarya Replikasi Inovasi Desa.

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Pemerintah Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bekerjasama dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Dusel, menggelar kegiatan Lokakarya Replikasi Inovasi Desa Tahun 2019. Sabtu (16/10/2019), bertempat Cafe 24D’sa Buntok.

Adapun peserta, lokakarya replikasi inovasi desa tersebut diikuti seluruh Kepala Desa (Kades), Ketua BPD Kecamatan Dusel serta P3MD Kecamatan Dusel.

Camat Dusel Mario Aan, kepada beritasampit.co.id usai kegiatan tersebut mengatakan, adapun tema dalam kegiatan tersebut optimalisasi dana desa melalui program inovasi desa yang efektif dan tepat guna menuju desa mandiri dan inovatif.

BACA JUGA:   Eddy Raya : Kades Harus Miliki, Dua Konsep Pendekatan Pembangunan

Dikatakannya, adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut yakni tentang evaluasi pelaksanaan komitemn desa terhadap program bursa inovasi desa.

“Persiapan penyusunan APBDes tahun 2020, serta persiapan penyusunan RPJMDes Kades terpilih 2020-2025,”katanya.

Mario Aan berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan muncul inovasi-inovasi di desa yang bisa mempertajam program dan kegiatan desa.

“Agar semua tujuan, dan manfaat bisa terwujud sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat desa,”jelasnya.

BACA JUGA:   DLH Barsel Usulkan Pembangunan TPS Terpadu

Yang tidak kalah pentingnya lanjut Mario Aan, bagaimana kita bisa mewujudkan sebuah APBDes yang merupakan kumpulan dari jawaban dan solusi.

“Dari setiap, permasalahan-permaslahan yang dialami oleh masyarakat desa ditahun-tahun sebelumnya,”pungkas Mario Aan.

Kegiatan Lokakarya Replikasi Inovasi Desa tersebut, menghadirkan narasumber dan mentor dari TA Madya Pengembangan Kapasitas dan Kaderisasi Provinsi Kalteng Drs Teriantoni dan TA Pemberdayaan Masyarakat Barsel Hartajaya.

(ded/beritasampit)