Kehadiran Diskominfo Informasi Program Pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat Makin Mantap Merambah Dunia

Foto : Ilustrasi Maman Wiharja

SETELAH berdirinya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada 7 Januari 2017, kini informasi program pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang berjuluk ‘Bumi Maruntung Batu Aji’ semakin mantap merambah pelosok perdesaan, bahkan kesantero dunia.

Karena dengan kehadiran Diskominfo, jaringan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informatika semakin terarah, sehingga Visi dan Misi dan program pembangunan pasangan “NURANI” Bupati HjbNurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, bisa diakses melalui internet oleh masyarakat di pelosok desa.

Pun juga sebaliknya, berbagai informasi pembangunan yang diprogramkan desa, seperti program pembangunan yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) sama bisa diketahui, baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Sesuai Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 57 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki tugas pokok dan fungsi dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan daerah di bidang komunikasi dan informatika, statitik dan persandian.

BACA JUGA:   Pemkab Kobar Jamin 81.325 Jiwa Penduduk Dalam Program JKN tahun 2024

Maka untuk mewujudkan tugas pokok dan fungsi Diskominfo, kata Rody Iskandar Kepala Diskominfo Kabupaten Kobar, pada tahun 2020 rencana akan meningkatan jaringan internet dengan teknologi smart repeater, sehingga sejumlah kendala jaringan internel keseluruh desa di Kabupaten Kobar, bisa diatasi.

“Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal Wifi yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal Wifi.”terangnya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar: Penyerahan Laporan Keuangan Kepada BPK Berdasarkan PPU Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemda

Peningkatan jaringan internet, dengan teknologi smart repeater akan kerjasama dengan salah satu operator telekomunikasi.

Lebih jauh dia menerangkan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang jaringannya sudah tembus kebeberapa pelosok desa. Karena dia berharap terus membuka isolasi masyarakat desa dan menjadi memiliki kesempatan yang sama untuk berkomunikasi secara global, khususnya akan lebih mudah melihat langsung berbagai informasi pembangunan di Kabupaten Kobar.

Kecanggihan penyampaian informasi,melalui jaringan internet, Rody Iskanda mengimbau kepada seluruh warga nitizen di Kabupaten Kobar agar memanfaatkannya dengan baik. “Jangan disalah gunakan untuk menyebar luaskan kebencian, fitnah, terutama berita-berita dan informasi yang berbau ‘Hoax’.”pintanya. Semoga. (Penulis Maman Wiharja).