Polsek Katingan Hilir Imbau Masyarakat Peduli Lingkungan

CEGAH DATANGNYA MUSIM HUJAN : IST/BS - Kapolsek Katingan Hilir Iptu Made Suta, saat memberikan sosialisasi

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Memasuki cuaca yang cukup ekstrem diakhir tahun memang rawan terjadi bencana alam berupa banjir dan penularan wabah penyakit. Sehingga Kapolsek Katingan Hilir berinisatif untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Kelurahan Kasongan Baru, di aula Kecamatan Katingan Hilir, pada Jumat (06/12/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi bencana banjir yang rutin terjadi setiap tahunnya dan dengan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak tertular wabah penyakit.

BACA JUGA:   Jembatan Sie Katingan Berlubang Lagi, Pengguna Jalan Diimbau Hati-Hati

Dalam sosialisasinya Kapolsek Katingan Hilir Iptu Made Suta menjelaskan tentang bencana banjir yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan dan mengajak masyarakat untuk bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.

“Luapan debit air DAS Katingan diakibatkan oleh tingginya curah hujan khususnya di daerah Hulu Sungai Katingan, penebangan hutan liar, kerusakan lingkungan dan kurangnya kesadaran dari masyarakat yang membuang sampah di pinggiran sungai yang menjadi faktor penyebab terjadinya bencana banjir, jelas Kapolsek.

BACA JUGA:   Polres Katingan Rayakan Natal Internal Keluarga Besar Polri 

Kemudian menurutnya, selain mengantisipasi bencana banjir dengan memberikan sosialisasi, pemerintah nantinya juga akan melaksanakan simulasi bencana banjir dan mendirikan posko bencana yang akan bergabung dengan posko BPBD Kabupaten Katingan.

“Maka dari itu saya mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan terutama saluran–saluran air yang tersumbat untuk mengantisipasi terjadinya bencanan banjir dan penyebaran wabah penyakit di lingkungan kita,” ucapnya.

(nas/beritasampit.co.id)