Bappenas Kunjungi Kawasan Industri Hilir di Kalimantan Tengah Bagian Barat

Keterangan Foto : Inilah lokasi kawasan Industri Hilir Desa Sungai Tendang Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat

Editor: Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Kawasan Industri Hilir yang dibuka H Abdul Rasyid melalui perusahaannya PT Citra Borneo Indah (CBI), Senin (9/12/2019) dikunjungi rombongan PPN/ Bappenas Jakarta yang dikawal Bupati Kobar Hj Nurhidayah, langsung diterima oleh Direktur PT CBI Ir Rimbun Situmorang.

“Luasan kawasan industri seluruhnya sekitar 160 hektar, semua prioritas kawasan sudah sangat mendukung, termasuk dukungan dari Pemkab Kobar dan Bappenas,” kata Direktur CBI Citra Borneo Indah Ir Rimbun Situmoran. Senin (9/12/2019).

Sebelum meninjau lokasi kawasan indusri, lanjut Rimbun dalam rapat pihaknya sudah menjelaskan seluruhnya tentang keberadaan lokasi kawasan Industri kepada Bappenas dan Bupati Kobar.

“Dan Kami sangat bersyukur Bappenas dan Pemkab Kobar sangat mendukung dibukanya kawasan industry hilir ini,” ujar Rimbun.

Ditempat yang sama Supriadi dari Bappenas saat dikonfirmasi sangat mendukung lokasi kawasan industri yang telah dibuka PT CBI.

BACA JUGA:   Polres Kobar Gandeng OFI Kampanyekan Polisi Peduli Penghijauan

“Ini luar biasa, hebat Kabupaten Kotawaringin Barat, telah memiliki kawasan industri hilir yang sarana dan prasarananya lengkap dan modern, tentu saja kami sangat mendukung. Karena tidak beberapa lama lagi perkonomian di Kabupaten Kobar akan segera meningkat,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan Bupati Kobar Hj Nurhidayah, bahwa pihak Bappenas sudah menampung beberapa usulan yang diajukan baik dari Pemkab Kobar maupun dari pihak CBI, antara lain pengembangan bandara Internasional dan pelabuhan internasional di pesisir Sebuai Kumai.

“Sekarang kita komitmen bicara suara Anak Negeri, pemkab Kobar sangat mengapresiasi kepada Putra Daerah Kobar terbaik yakni Bapak H Abdul Rasyid pemilik perusahaan ini yang telah berkiprah membantu mengemangkan pembangunan perekonomian di Kabupaten Kobar,” ujarnya.

Lanjut Bupati, permintaanya kepada Bappenas tidak banyak-banyak, hanya minta kawasan ini bukan hanya kawasan industry.

BACA JUGA:   Dikenal Dekat dengan Anak Yatim, Dharma Ginting Kembali Berikan Bantuan

“Tapi minta secara regional menjadi kawasan terigeonal (internasional) yang didukung oleh sporting dari kementerian untuk mengembangkan pembangunan di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Kobar,” pungkas Bupati Hj Nurhidayah.

Dilain pihak Plt Kepala PUPR Kabupaten Kobar Dr Juni Gultom mendukung dalam pengembangan infrastruktur jalan.

“Sudah kami usulkan ke provinsi dan pusat bahwa jalan yang nantinya bakal dilalui kendaraan berat dari kawasan industri hilir, akan dijdikan jalan nasional, berarti fisik jalannya perlu ditingkatkan,” jawab Juni.

Dengan dibukanya kawasan industri hilir merupakan langkah awal meningkatnya perekonomian di Provinsi Kalteng pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Kobar.

“Telah dibuktikan oleh salah satu putra daerah yaitu Bapak H Abdul Rasyid, sebagai Pioneer ekonomi,” ujar Juni.

(Man/beritasampit).