Kabupaten Sukamara Tanam Perdana Peremajaan Sawit Rakyat

Tanam : ENN/BS - Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi saat menanam sawit perdana pada program peremajaan sawit rakyat di Desa Pangkalan Muntai, Kamis (12/12/2019).

SUKAMARA – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara melaksanakan penanaman perdana bibit sawit untuk program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang digelar di Desa Pangkalan Muntai, Kecamatan Sukamara, Kabupate Sukamara, Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Irlan Khodriansyah mengatakan bahwa penanaman peremajaan sawit oleh gabungan kelompol tani di Desa Panglalan Muntai merupakan penerima bantuan pertama dari Kabupaten Sukamara oleh Badan Pengelolaan Dana Peremajaan Kelapa Sawit (BPDPKS) tahun 2019.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

“Ini adalah program replanting atau peremajaan kepala sawit bagi para kelompok tani yang telah mendaftar dan telah menerima bantuan dari pemerintah,” kata Irlan Khodriansyah, Kamis (12/12/2019).

Replanting atau peremajaan kepala sawit bertujuan untuk meningkat produktivitas kebun kelapa sawit khususnya milik masyarakat, dimana selama ini masyarakat menggunakan bibit sawit yang tidak bersertifikat.

BACA JUGA:   Pasar Saik Sukamara Bakal Direnovasi dan Ditata

“Pemerintah ingin meningkatkan kesejahteraan para pekebun khususnya masyarakat mandiri, dengan memberikan bantuan berupa program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR),” jelasnya.

Dalam kegiatan penanaman perdana peremajaam sawit rakyat terlihat Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi, Ketua DPRD Sukamara Deni Khaidir, Kepala Kejaksaan Negeri Sukamara Fajar Sukristiawan, Kepala SOPD ikut menanam kelapa sawit di lahan yang telah disiapkan. (enn/beritasampit.co.id)