Anggota Dewan Ini, Ingatkan Dinkes Soal Pemerataan Petugas Kesehatan

IST/BS - Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono

Editor: Maulana Kawit

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudi Hartono berharap kepada Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan agar menugaskan petugas kesehatan di semua UPTD/Puskesmas harus merata dan bersikap propesional.

“Hal ini ditemui saat kita melaksanakan reses di tiga wilayah kecamatan tersebut,” kata anggota DPRD Katingan Rudi Hartono kepada sejumlah media, belum lama ini.

Tiga wilayah kecamatan tersebut seperti di Puskesmas Kecamatan Katingan Hulu, Petak Malai dan Bukit Raya petugas pelayanan sering tidak berada di tempat. Hal ini karena kurangnya tenaga kesehatan selama setahun, dan mengakibatkan pelayanan kesehatan kurang maksimal.

BACA JUGA:   AKBP I Gede Putu Widyana Resmi Menjabat Kapolres Katingan

Tidak hanya itu, menurut Rudi Hartono, di beberapa wilayah kecamatan lainnya juga mengalami hal yang sama, yaitu kekurangan tenaga kesehatan dimaksud.

“Kita harapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan agar menugaskan petugas kesehatan di Puskesmas harus merata dan bersikap profesional. Sehingga semua masyarakat Katingan dari Hulu hingga Hilir merasa terlayani dengan baik dan proporsional,” tegas Rudi Hartono.

BACA JUGA:   Polres Katingan Gelar Rakor Lintas Sektoral Bersama Forkompinda terkait Kesiapan Pengamanan Perayaan Nataru

Lanjutnya menjelaskan, jika dalam penyampaian reses di paripurna nanti belum ada tindakan dari Dinas Kesehatan setempat untuk menempatkan petugas pelayan kesehatannya yang berasal dari Dinas Kesehatan, dirinya berjanji akan memanggil kepala Dinas Kesehatan setempat untuk hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP).

“Tujuannya adalah meminta keterangan kepala Dinas Kesehatan untuk memberikan alasan tidak adanya petugas di Puskesmas tersebut,” tegas mantan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Katingan ini.

(nas/beritasampit.co.id)