Sukamara Miliki Beberepa Destinasi Wisata Pantai Unggulan

Pantai  : ENN/BS  - Salah satu destinasi wisata pantai di Kecamatan Pantai Lunci.

SUKAMARA – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sukamara, Zulkifli mengatakan bahwa Kabupaten Sukamara memiliki beberapa destinasi tujuan wisata pantai unggulan.

Beberapa pantai memilikk keunggulan san potensi tersendiri seperti Pantai Citra, Pantai Anugrah dan Tanjung Nipah yang sudah dikenal masyarakat luas.

“Karena itu upaya pemerintah membuka wisata pantai Tanjung Selaka yang posisinya diantara Panta Anugrah dan Pantai Tanjung Nipah bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di Sukamara,” kata Zulkifli usai membuka rapat Detail Engineering Desain atau DED pantai Tanjung Selaka di Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci, di Aula Balai Pendidikan Guru (BPG) Selasa (17/12/2019).

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Buka Pasar Ramadan 1445 Hijriah 

“Diharapkan nantinya semua destinasi wisata di Kabupaten Sukamara dapat tersusun dalam rencana induk pengembangan pariwisata daerah (Riparda),” kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli, RIPARDA merupakan dokumen perencanaan pembangunan objek wisata, yang berisi rencana struktural tata ruang, arahan ketentuang ruang dan bangunan serta indikasi program pembangunan.

“Kita berharap pariwisata kita dapat memberi dampak positif terhadap perekonomian di Kabupaten Sukamara,” harap Zulkifli.

Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata setempat menggelar rapat pembuatan Detail Engineering Desain atau DED pantai Tanjung Selaka di Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci, di Aula Balai Pendidikan Guru (BPG).

BACA JUGA:   Petani di Pesisir Sukamara Mulai Panen Padi

Zulkifli mengatakan bahwa pariwisata telah mengalami ekspansi dan diversifikasi berkelanjutan, serta menjadi salah satu sektor ekonomi terbesar dan cepat pertumbuhannya di dunia.

“DED ini merupakan salah satu pendekatan pembangunan untuk kesiapan dan kepastian bisnis serta manajemen pariwisata untuk mengoptimalkan nilai ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat bisnis dan daerah,” terang Zulkifli usai membuka rapat DED Pantai Tanjung Selaka.

Zulkifli menerangkan bahwa DED dibuat untuk mempersiapkan infrastruktur sesuai dengan kebutuhan di suatu lokasi, agar tertata, sehingga pembangunan nantinya tidak overlap atau terkesan tanpa perencanaan. (enn/beritasampit.co.id)