Masyarakat Diimbau Waspada Datangnya Banjir

WASPADA BANJIR : IST/BS -Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga.

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Sejak Desember 2019 akhir-akhir ini hujan lebat selalu mengguyur wilayah Kabupaten Katingan, sehingga masyarakat diimbau agar selalu waspada akan datangnya banjir, terutama bagi warga berada atau tinggal dipinggiran sungai Katingan.

Demikian, disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, Senin (23/12/2019).

“Intensitas hujan mulai meningkat. Masyarakat diimbau agar selalu waspada banjir, terutama warga yang tinggal di pinggiran sungai. Kami sudah melaksanakan apel siaga banjir bersama unsur TNI, Kepolisian, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan Relawan,” kata Eka Surya Dilaga.

BACA JUGA:   Umat Kristiani Kasongan Ramai Ziarah Kubur pada Malam Paskah

Lanjutnya menjelaskan, terkait siaga banjir,
BPBD juga menyiapkan sarana dan prasarana untuk menghadapi ancaman banjir dan lain-lainnya. Persiapan tersebut seperti perahu karet, kendaraan operasional, bus angkutan personel tenda, dan mobil penyelamat maupun alat bantuan lainnya.

Hujan lebat yang terjadi akhir-akhir ini selain menguyur Kota Kasongan juga terjadi di wilayah Kereng Pangi, Petak Bahandang, Baun Bango dan Pendahara, sehingga menyebabkan debit air Sungai Katingan meningkat namun belum sampai meluap ke permukaan.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Sosilalisasi Kompetisi Gagasan Inovatif 2024

(nas/beritasampit.co.id)