Pemandu Wisata Wajib Bisa Berbahasa Asing

RDI/BS - Plt Kepala Disporaparbud Seruyan Rijali Hadi

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata baik dari segi fasilitas wisata maupun sumber daya manusia (SDM).

Selain mempromosikan kawasan objek wisata kepada masyarakat, tentunya penunjang kepariwisataan juga harus diperhatikan, seperti halnya dengan Pemandu Wisata (Pramuwisata).

“Sebagai upaya dalam memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang berkunjung, Pramuwisata juga diharapkan agar bisa dibekali dengan keterampilan maupun kemampuan dalam menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Inggris”kata Plt Kepala Disporaparbud Seruyan Rijali Hadi, di Kuala Pembuang, Jumat 27 Desember 2019.

BACA JUGA:   Pj Sekda Ikuti Rapat Kerja Terkait Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Seruyan

Menurutnya, Pramuwisata dianggap sangat penting dalam kepariwisataan, karena bertugas memberikan bimbingan, penjelasan, petunjuk kepada wisatawan tentang objek wisata.

“Tentunya, tidak kalah penting adalah Pemandu wisata paling tidak basic nya harus bisa berbahasa inggris untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan wisatawan luar negeri,” ungkapnya.

Ditambahkannya, rencananya pihaknya di tahun 2020 mendatang akan melaksanakan pelatihan terhadap pramuwisata, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang berbahasa inggris.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Launching Inovasi Pelayanan Publik Bidang Perizinan dan Non Perizinan

“Nanti akan kami coba lagi, apakah di tahun 2020 ada pelatihan untuk khusus untuk pemandu wisata di kabupaten berjulukan Bumi Gawi Hantantiring,”pungkasnya.

(rdi/beritasampit)