Dewan Dorong Pemda Bangun Pabrik Pengolahan Kelapa di Selatan Kotim

H.Rudianur

SAMPIT – Demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotawaringin Timur Wakil Ketua DPRD Kotim, H Rudianur mendorong agar pemerintah daerah segera menangkap potensi besar yang saat ini menjadi acuan usaha masyarakat di daerah selatan Kotim itu.

Legislator Partai Golkar ini menerangkan saat ini permintaan pengiriman kelapa dari berbagai daerah hingga keluar daerah seperti pulau Jawa sangat besar sehingga perlu pembudidayaan kembali kebun-kebun milik masyarakat di wilayah selatan tersebut.

“Bahkan kami mendorong pemerintah daerah kita membangun pabrik pengolahannya, karena kita ketahui kelapa ini hampir sama dengan kelapa sawit, dari kulit luar, tempurung, dan isinya semuanya bisa menghasilkan, dan peluang ini sangat bagus untuk meningkatkan PAD daerah kedepannya,” ujarnya Senin (13/1/2020).

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan di Mentaya Hulu, DPRD Kotim: 2025 Akan Diperbaiki

Disisi lain menurutnya, selain untuk mensejahterakan masyarakat di daerah selatan tersebut, dengan dibangunnya pabrik pengolahan baik minyak kelapa, bahkan arang dan berbagai macam anyaman dari sabut kelapa bisa dikelola melalui BUMD nantinya.

“Kitakan sudah ada BUMD, kenapa tidak terpikir kearah pengelolaan kelapa yang memang masih berstatus milik lokalan, dan itu bisa dikerjasamakan dengan masyarakat, kami tentunya mendukung langkah ini kalau memang dilakukan kami tentunya mendukung,” Pungkasnya.

BACA JUGA:   Dinilai Merugikan Daerah, Dewan Desak Pemkab Cek Izin Galian C di Kecamatan Cempaga

Diketahui saat ini kelapa yang ada di wilayah selatan Kotim itu dikirim ke Pulau Jawa untuk mencukupi kuota beberapa perusahaan pengembang arang aktif maupun pengolahan minyak kelapa. Hal ini juga mendatangkan pundi-pundi uang bagi masyarakat terutama pemilik kebun kelapa yang ada di daerah tersebut.
(drm/beritasampit.co.id)