Dinkes Kotim Imbau, Tingkatkan Pemberdayaan dalam Berantas Sarang Nyamuk

Adi/BS - Bakhrudin Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur.

SAMPIT – Memasuki musim hujan awal tahun 2020 ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Bakhrudin imbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan pemberdayaan, dalam upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di sejumlah tempat khususnya di Kotim.

Disampaikan Bakhrudin bahwa Dinas Kesehatan Kotim terus berupaya antisipasi dan waspada terhadap penularan Demam Dengue atau Demam Berdarah (DBD), bahkan upaya ini dilakukan secara serentak maupun berkala di Kotim.

BACA JUGA:   Pejalan Kaki Asal Sampit Tempuh Jarak Ratusan Kilometer Menuju Haul Guru Sekumpul

Selain itu Bakhrudin juga imbau, masyarakat Kotim untuk segera melaksanakan kegiatan 3M yaitu Menutup, Menguras, Mengubur barang-barang yang tidak terpakai, dengan cara menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air minimal 1 kali dalam seminggu, memusnahkan atau memanfaatkan barang bekas yang masih bisa digunakan untuk berbagi keperluan lainnya.

“Menghindari gigitan nyamuk terutama pada bayi dan anak-anak dengan cara menggunakan kelambu, memberi krim atau minyak oles anti gigitan nyamuk,” tutur Bakhrudin, Senin, (13/1/2020) di Kotim.

BACA JUGA:   Truk Pelat Kuning Angkutan Barang Bawa Penumpang

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kotim ini juga menyampaikan kepada masyarakat, jika terkena demam mendadak tanpa sebab, agar segera melapor kepada Ketua RT atau Kepala Desa setempat, atau segera periksakan ke Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat. (ADI).