Pemkab Sukamara Siapkan Rp 8 Miliar Bangun Sarana PDAM di Kawasan Embung Tampenek

Tinjau Lokasi : ENN/BS - Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi saat meninjau lokasi Embung Tampenek di Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai.

SUKAMARA – Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukamara telah menyiapkan dana sebesar Rp 8 miliar untuk membangun sarana PDAM di kawasan Embung Tampenek.

Saat ini pembangunan Embung Tampenek di Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai masih berlangsung dimana embung tersebut akan mengatasi masalah air bersih di Wilayah pesisir.

“Untuk pembangunan sarana PDAM sendiri sudah disiapkan anggaran Rp 8 miliar untuk tahun ini,” kata Ahmadi, Senin (13/1/2020).

BACA JUGA:   Pasar Saik Sukamara Bakal Direnovasi dan Ditata

“Embung Tampenek ini dibangun atas kerjasama dengan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PU dengan pemerintah Kabupaten Sukamara sehingga pengelolaannya akan dilakukan bersama,” ucap Ahmadi.

Permasalahan air bersih di Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci sudah terjadi cukup lama.

Ketika musim kemarau tiba warga di dua kecamatan akan kesulitan mendapat air bersih, sementara saat musim hujan warga di Kecamatan Jelai khususnya di Kelurahan Kuala Jelai memanfaatkan air hujan yang ditampung untuk keperluan sehari-hari.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Akan Tambah Fasilitas dan Pelayanan Mall Pelayanan Publik

Pemerintah Kabupaten Sukamara memprogramkan pembangunan Embung Tampenek di Desa Sengai Raja, Kecamatan Jelai yang diharapkan dapat menjadi sumber air bersih bagi warga di wilayah pesisir Kabupaten Sukamara itu.

Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi mengatakan bahwa luas kolam yang digali mencapai 8 hektare, kolam tersebut nantinya akan dihubungkan dengan Embung Tampenek untuk memperbanyak ketersediaan air. (enn/beritasampit.co.id)