DLH Gelar Berbagai Kegiatan Untuk Pemanfaatan Sampah

Workshop : ENN/BS - Pelatihan keterampilan mengubah barang bekas menjadi emas yang digelar PKK Kabupaten Sukamara di BPG Sukamara, Rabu (29/1/2020).

SUKAMARA – Untuk memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) DLH Sukamara mulai menggelar berbagai kegiatan mulai dari pelatihan mengolah sampah menjadi emas, sampai pembagian bibit tanaman akan dilakukan.

“Kita juga akan buat TPS dari batako plastik dalam rangka memperingati HPSN yang jatuh pada tanggal 21 Februari nanti,” kata Rendy Lesmana, Rabu (29/1/2020).

Menurut Rendy, dalam upaya pemanfaatan sampah khususnya plastik pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi hingga pelatihan kepada ibu-ibu untuk dapat mengolah sampah menjadi emas.

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Sampaikan LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2023 

“Kita pertama mengajak para pekerja kebersihan atau pasukan hijau kita khususnya ibu-ibu untuk diberi keterampiran mengolah sampah menjadi barang berguna,” terang Rendy.

Sebelumnya, Bupati Sukamara Windu Subagio mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Jangan buang sampah sembarangan, disamping rumah, di kolong rumah, karena akan mencemari lingkungan,” jelas Windu kepada masyarakat Kelurahan Kuala Jelai.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Buka Musrenbang RKPD

Dalam upaya menanganan sampah di Kecamatan Jelau, Windu Subagio menjelaskan jika dirinya telah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup Sukamara untuk dapat mengangkut sampah dari Kelurahan Jelai ke TPA.

“Saya sudah perintahkan kadia lingkungan hidup untuk mencari solusi bagaimana sampah-sampah di Jelai ini bisa terangkut,” ucap Windu.

“Tapi sekarang yang penting dari diri sendiri jaga kebersilan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tukas Windu. (enn/beritasampit.co.id)