Musrenbang Tingkat Kecamatan, Rangkaian Tahapan Penyusunan Perencanaan Daerah

Ded/BS - Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST melakukan potong pantan saat menghadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kecamatan Dusun Utara.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri ST mengatakan, bahwa Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, merupakan rangkaian dari seluruh tahapan penyusunan perencanaan daerah Kabupaten Barsel.

Setelah beberapa waktu yang telah lalu, kata Eddy telah dilaksanakan Musrenbang Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan mulai tanggal 29 hingga 31 Januari 2020 lalu.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Musrenbang di Kecamatan Dusun Utara, Kamis 13 Februari 2020 dikatakannya, bahwa tujuan utama dari pelaksanaan Musrenbang adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa dan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

BACA JUGA:   Pemkab Barsel Akan Serentak dan Massal Semprot Disinfektan

Selain itu ia mengatakan, tujuan Musrenbang tersebut untuk membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

“Serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten,” terangnya di aula kecamatan setempat.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini menambahkan, dengan demikian maka Musrenbang tingkat kecamatan yang dilaksanakan pada tahun 2020 ini merupakan salah satu sarana untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Barsel tahun 2021 mendatang.

BACA JUGA:   Perangkat Desa Se-Kecamatan Dusel, Diberikan Bimbingan Soal Ini

“Selain itu juga, kegiatan Musrenbang ini dapat dibuat sebagai acuan untuk menentukan kebijakan umum pembangunan serta untuk menetapkan strategi dan prioritas program pembangunan daerah Kabupaten Barsel tahun anggaran 2021,” tukas Eddy Raya Samsuri.

Musrenbang tingkat kecamatan di kecamatan tersebut juga dihadiri anggota DPRD Barsel, beberapa Kepala Perangkat Daerah, Asisten Setda Barsel, Staf Ahli Bupati, Camat Dusut, Kades Se-Kecamatan Dusut, Unsur Muspika Kecamatan Dusut, Ketua TP-PKK Barsel Hj. Permana Sari serta tamu undangan yang lainnya.

(Ded/beritasampit.co.id)