Golkar Usung Petahana Jadi Polemik, Suhartono Bela Pernyataan Ketua: “Ada Kalimat Belum Ditampilkan Media”

Sekretaris DPD I Partai Golkar Kalteng, Suhartono Firdaus (kanan menghadap kamera) saat foto bersama Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri (Foto Dok. FB@Suhartono Firdaus)

PALANGKA RAYA-Pernyataan Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Tengah (Kalteng), H Ruslan AS dimuat oleh media massa yang menyebutkan Partai Golkar mengusung petahana, H Sugianto Sabran di pemilihan gubernur (Pilgub) Kalteng menuai pro kontra di internal partai.

Sebelumnya Maman Abdurrahman, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Golkar menyampaikan klarifikasi bahwa dukungan kepada petahana belum final, karena masih mengajukan syarat untuk Wakil Gubenur dari internal partai.

Bantahan juga datang dari Ketua Tim Penjaringan DPD Partai Golkar Hj Siti Nafsiah. Perempuan yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD I Partai Golkar Kalteng ini menyebutkan, DPD Partai Golkar Kalteng belum menyatakan dukungan ke salah satu Bacalgub Kalteng.

BACA JUGA:   Suprianti Rambat Beri Kode Siap Berpasangan dengan Rudini Darwan Ali di Pilkada Kotim

Ditegaskannya, saat ini partai yang dinakodai Airlangga Hartarto itu baru akan melaksanakan survey bakal calon dan setelah itu akan dilakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan, red) serta penetapannya oleh DPP Partai Golkar.

Menyikapi polemik ditubuh partai berlambang pohon beringin ini, Sekretaris DPD I Partai Golkar Kalteng, Suhartono Firdaus angkat bicara. Dia merasa perlu meluruskan pemberitaan di media massa terkait pernyataan dari Ketua DPD Partai Golkar Kalteng, H Ruslan AS yang belakangan jadi polemik.

“Setelah dikonfirmasi dengan Ketua, waktu dikutip kawan-kawan media saat diwawancarai ada kalimat yang belum ditampilkan. Bahwa petahana memang selain kader partai yang dominan,” jelas Suhartono, kepada BeritaSampit via whatssap, Selasa (18/2/2020).

BACA JUGA:   Pj Sekda Buka Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Seruyan Tahun 2025 dan Forum Gabungan Perangkat Daerah

“Pertahana mendapat dukungan dari yang cukup besar dari suara DPD II se Kalteng. Tapi untuk mekanismenya tetap menunggu hasil survei yang saat ini sedang berlangsung dan tetap mengikuti mekanisme dan jadwal penjaringan yang telah ditetapkan oleh DPP,” timpalnya pria yang juga Plt Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Seruyan ini.

Penentuan siapa yang akan mendapat rekom partai, lanjutnya, akan diputuskan melalui Rapat Tim Pilkada Pusat setelah menerima hasil survei dan penyerahan berkas-berkas pencalonan oleh DPD Gorkar Kalteng.

(gra/beritasampit.co.id)