Infrastruktur dan SDM Jadi Perhatian

RAMAI - Suasana pertemuan Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran dengan tokoh se Kalteng

 

Catatan dari Kunjungan Kerja Gubernur Kalteng di Kobar (Habis)

Laporan : Maman Wiharja
(Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah)

SEBELUM Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran menjawab sejumlah pertanyaan dari para tokoh masyarakat Kalimantan Tengah, dirinya mempersilahkan H Abdul Rasyid untuk memberikan tanggapannya.

“Maaf untuk menutup acara ini, saya mempersilahkan dulu kepada Ayahanda H Abdul Rasyid sebagai tokoh masyarakat dan pengusaha di Kalteng, untuk menyampaikan saran dan pendapatnya untuk para penanya tadi,” kata Gubernur.

Setelah dipersilahkan, H Abdul Rasyid mengatakan kalau apa yang dikeluhkan oleh sejumlah tokoh se Kalteng merupakan hal yang lumrah. Menurutnya, sebagian besar keluhan adalah soal infrastruktur atau pembangunan jalan.

Namun Abdul Rasyid mengatakan kalau itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyerap aspirasi masyarakatnya. Dirinya hanya bisa mendorong agar masyarakat juga tetap terus membantu pemerintah untuk menyukseskan pembangunan.

BACA JUGA:   BEM UPR Ancam Demo Bank Kalteng Jika Kartu ATM Beasiswa TABE Tak Kunjung Dicetak

“Semua permasalahan yang disampaikan, itu dialami semua daerah atau bukan hanya satu kabupaten atau kota saja. Saran saya, masyarakat juga ikut berpartisipasi untuk membangun kalteng dengan membuka usaha dan membayar pajak,” kata Abdul Rasyid.

Abdul Rasyid juga berharap kepada para ilmuan untuk mendukung Pemerintah dengan memberikan gagasan untuk percepatan pembangunan.

Setelah itu, Gubernur mempersilahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memberikan tanggapannya soal sejumlah keluhan masyarakat. Gubernur mengaku apa yang disampaikan masyarakat akan menjadi prioritas dalam perogram pembangunan nantinya.

Sugainto menjelaskan bahwa salah satu program prioritasnya adalah pembangunan infrastruktur. Namun kata Sugianto terbatasnya anggaran salah satu kendala dalam pembangunan. “Tapi semuanya bertahap, kita akan tuntaskan semuanya,” tegas Sugianto.

BACA JUGA:   DPMPTSP Kalteng Siap Fasilitasi Para Pelaku Usaha yang Mengalami Kesulitan Melaporkan LKPM

Selain itu Gubernur mengatakan salah satu programnya adalah memberikan perhatian kepada pemuda termasuk mahasiswa. Saat ini kata dia sudah banyak putra-putri daerah di Kalteng yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintahannya dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Selain itu, Gubernur juga berjanji jika dalam waktu dekat ini akan mengundang seluruh pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk berdialog langsung.

”Dalam waktu dekat, kita mau undak mahasiswa untuk berdialog, apa saja gagasan dari para mahasiswa untuk pembangunan di Kalteng ini,” terang Sugianto.(Tamat).