Anggota DPRD Dapil II, Dukung Pemkab Buka Akses Darat Wilayah Selatan

IST/BS - Budy Hermanto saat melakukan kunjungan ke Dapil II menggunakan perahu Klotok lantaran akses darat belum terbuka.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Budy Hermanto mendukung pemerintah daerah membuka akses jalan daerah di tiga wilayah yang hingga kini masih terisolir.

Tiga daerah tersebut yaitu Kecamatan Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai. Kemudian, di wilayah Utara yaitu Kecamatan Bukit Raya.

Budy Hermanto yang merupakan anggota DPRD Dapil II yang meliputi Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang dan Kecamatan Tasik Payawan ini mengatakan infrastruktur jalan memang menjadi keluhan masyarakat di wilayah Selatan Katingan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Lantikan Damang Kepala Adat Katingan Hilir

“Kami keterwakilan Anggota DPRD Dapil III sangat mendukung perhatian dan kenginan pihak eksekutif yang konsentrasi terhadap pembangunan infrastruktur akses jalan darat,” ujar Budy Hermanto. Jumat, 27 Februari 2020.

Menurutnya, langkah Pemkab Katingan untuk membuka akses jalan darat menuju wilayah Kecamatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala, sejauh ini telah tepat bekerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menanamkan modalnya di bagian Wilayah Selatan itu.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

“Kerjasama ini tentu juga harus kita awasi, sampai sejauh mana komitmen perusahaan terhadap pembangunan Katingan, beberapa waktu yang lalu kami komisi I dan III juga telah melakukan monitoring dan investigasi ke PT AUS menindaklanjuti MoU tentang pembangunan jalan Kereng Pakahi menuju arah Selatan,” jelas Anggota Komisi III ini.

Anggota DPRD saat melakukan pengecekan di lapangan terkait pembangunan badan jalan Kereng Pakai menuju wilayah Selatan.

Lebih jauh lagi, Politisi Gerindra ini juga mengatakan, dengan terbukanya akses darat di Wilayah Selatan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Potensi wilayah selatan itu sangat kaya, ada disektor perikan, pertanian maupun perkebunan. Sekali lagi saya tegaskan mari kita dukung pemkab Katingan membuka keterisolasian,” tegasnya.

Ia juga berharap kedua perusahaan yaitu PT Arjuna Utama Sawit (AUS) dan PT Persada Era Agro Kencana (PEAK) yang telah menandatangani MOU dengan Bupati Katingan betul-betul menjalan komitmen.

“Kita berharap agar pihak perusahaan serius dalam melaksanakan MoU yang sudah di sepakati dengan Bupati Katingan,” harap legislator muda ini.

(Kawit/beritasampit.co.id)