Bahas APBDes, Kepala Desa di Sukamara Dikumpulkan

Rakor : ENN/BERITA SAMPIT - Bupati Sukamara Windu Subagio saat membuka dan memberi arahan kepada kepala desa yang mengikuti rakor pembangunan desa di Aula BPKAD Sukamara, Rabu (11/3/2020).

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio membuka rapat koordinasi pembangunan desa yang digelar di Aula BPKAD Sukamara, Rabu (11/3/2020).

Dalam rakor itu pada kepala desa dari 29 desa di Kabupaten Sukamara berkumpul untuk membahas upaya pembangunan desa agar APBDes cepat tersalurkan.

Windu Subagio mengatakan bahwa rapat koordinasi pembangunan desa merupakan upaya pemerintah untuk menyamakan persepsi dan tujuan terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

“Seiring dengan diturunkanya dana desa dari APBN dan sumber lain yang terus mengalir ke desa, tentu dibutuhkan kemampuan manajerial yang memadai bagi kepala desa dan aparatur pemerintah desa,” jelas Windu Subagio saat membuka acara rakor.

Windu mengharapkan agar dengan adanya rakor pembangunan desa dapat meminimalisir kendala dalam rangka penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2020.

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

“Tidak kalah penting dari pelaksanaan pembangunan desa dan pengelolaan keuangan desa adalah pada tahap perencanaan, karena perencanaan yang tepat dan benar separuh dari keberhasilan pelaksanaan program,” jelas Windu.

“Karena salah satu faktor keterlambatan dalam penyaluran dana yang ada di desa adalah penyusunan perencanaan di desa tidak tepat waktu sehingga penatapan APBDes mundur atau terlambat,” tukas Windu. (enn/beritasampit.co.id)