Pemerintah Pusat Dinilai Lamban Tangani Corona

Berita Sampit
AHMAD/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto.

KUALA PEMBUANG – Pandemi Corona atau Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan jumlah orang yang terjangkit virus mematikan tersebut, hingga saat ini diketahui sudah menyebar di semua provinsi di Indonesia. Sayangnya, pemerintah pusat dinilai lamban dalam mengatasi pencegahan virus tersebut.

Legislator Partai Amanat Nasional (PAN), Bejo Riyanto menyampaikan keprihatinannya akibat semakin meluasnya wabah virus corona di tanah air.

800

Wakil Ketua Komisi A ini menilai, pemerintah pusat lamban melakukan langkah pencegahan awal, sebab menurutnya sejak awal berhembusnya kasus virus corona di Wuhan pemerintah seharusnya menghentikan penerbangan Internasional.

BACA JUGA:   Cadangan Beras Pemerintah Provinsi Untuk Keadaan Darurat Masih 291,3 Ton

“Masalah lambat atau tidak itu urusan pemerintah pusat, karena virus ini asalnya dari Wuhan mewabah sejak Desember 2019, seharusnya pemerintah sudah menghentikan penerbangan International,” ujarnya.

Lebih lanjut di juga menambahkan bahwa, pemerintah daerah tidak memiliki wewenang untuk mengambil tindakan sebelum ada perintah dari pusat.

“Kalau daerah tidak mungkin bertindak sendiri-sendiri jika belum ada ketentuan dari pemerintah pusat, karena kita ini negara desentralisasi. jika pemerintah pusat bertindak maka pemerintah daerah juga akan segera bertindak,” tegasnya.

Saat ini kita berupaya mencegah agar tidak meluasnya penyebaran virus corona ini, ini sudah terjadi pandemik, seandainya sudah sedari awal pemerintah pusat meminimalisir penerbangan dari china mungkin tidak akan separah ini.

BACA JUGA:   Kalteng Kembali Terima 5.600 APD Dari Pusat

Selain itu Bejo juga memberikan apresiasi kepada Pemkab dan tim medis yang telah berupaya menjadi garda terdepan dalam penanganan corona di Kabupaten Seruyan.

“Mudah-mudahan di kabupaten Seruyan ini tidak ada yang terinfeksi virus corona, Alhamdulillah kami berterima kasih sekali kepada Dinas Kesehatan, perawat, dokter yang sudah berupaya menjadi garda terdepan dalam rangka memutus wabah virus corona ini,” ucapnya.

(ASY/beritasampit.co.id)