Edukasi Warga, Tim Covid-19 Katingan Kuala Langsung Sambangi Warga yang Baru Datang

DATA WARGA : Muy/BS - Tim Covid-19 Katingan Kuala yang terdiri dari unsur pimpinan Kecamatan, TNI, POLRI, UPTD Puskesmas Pegatan dan ASN terus aktif melakukan pendataan, pemantauan dan pencegahan Pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Katingan Kuala.

KASONGAN – Tim Covid-19 Katingan Kuala Kabupaten Katingan (Katula) turun langsung ke lapangan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan dan edukasi bagi mereka yang baru datang dari luar daerah, Sabtu, 4 April 2020.

Berdasarkan pantauan wartawan yang juga ikut mendampingi tim Covid-19 Katula saat di lapangan, sedikitnya ada sembilan warga yang sudah terdata diketahui datang dari luar daerah seperti Palangka Raya, Jogyakarta, Sulawesi dan Banjarmasin.

Pendataan dilakukan di dua kelurahan seperti Kelurahan Pegatan Hilir dan Pegatan Hulu.

“Umumnya warga yang datang atau pulang kampung ini masih banyak, kita bertahap, untuk hari ini kita hanya mendata dan melakukan edukasi terhadap beberapa warga baru datang untuk isolasi diri selama 14 hari tidak keluar rumah,” demikian disampaikan Camat Katingan Kuala, H Suryanto yang ikut serta dalam rombongan tim Covid-19 saat melakukan pendataan di lapangan.

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

Sementara itu, Kepala Puskemas Pegatan Satu yang juga ketua Tim Covid-19 Katingan Kuala, Surya mengatakan Edukasi atau himbauan yang dilakukan pihaknya kepada warga merupakan bagian dari pencegahan penyebaran virus corona yang saat ini berstatus siaga darurat bencana Pandemi Covid-19 untuk Kabupaten Katingan.

“Kita melakukan edukasi dan pendataan warga yang baru datang. Kita menghimbau bagi mereka untuk melakukan isolasi mandiri di rumah, tidak berinteraksi di keramaian, ini untuk memutus mata rantai penyebaran yang masif,” terang Surya.

BACA JUGA:   Masyarakat Keluhkan Kehabisan Pertalite di SPBU Buntut Bali, Dugaan Warga BBM Subsidi Diselewengkan

Dalam kesempatan itu, ia juga tak henti-hentinya mengimbau bagi warga yang datang ke Katingan Kuala untuk aktif melaporkan diri ke Posko yang sudah ditetapkan. Agar dapat memantau dan memutus penyebaran virus Corona ini.

“Jangan takut melaporkan diri, kita hanya melakukan pemeriksaan kesehatan, memastikan bahwa warga yang baru datang itu aman dan tidak membawa virus,” terangnya.

Seperti diketahui, Tim Covid-19 Katingan Kuala terdiri dari keterlibatan unsur pimpinan Kecamatan, TNI, POLRI, UPTD Puskesmas Pegatan dan ASN. Tim ini akan terus aktif melakukan pemantauan dan pencegahan Pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Katingan Kuala.

(Muy/beritasampit.com)