Banjir di Kecematan Seribu Riam Mulai Surut, Bupati Minta Warga Tetap Waspada

BANJIR: LULUS/BERITA SAMPIT - Kondisi banjir di Kecematan Seribu Riam Kabupaten Murung Raya yang mulai surut.

PURUK CAHU – Banjir yang menerjang sejumlah Desa di Kecematan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya (Mura) kini sudah mulai surut, hingga hari ini sekitar 2,5 meter air mengalami penurunan.

“Saya mendapatkan laporan dari Camat Seribu Riam kalau banjir berangsur surut, hal ini disebabkan oleh curah hujan cukup tinggi di daerah Hulu Barito sehingga mengakibatkan banjir, namun meskipun demikian banjir tidak berlangsung lama,” ujar Buapati Mura Perdie M Yoseph, Kamis 9 April 2020.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Dikatakannya, meskipun air sudah mulai menyurut di daerah Hulu Barito, namun warga yang tinggal di daerah hilir bantaran sungai Barito tetap harus waspada, “Karena biasanya, untuk di daerah hilir ini pasti terkena banjir kiriman dari hulu, yang sering menjadi langganan banjir seperti Desa Sumpoi, Desa Juking Pajang, Puruk Cahu Seberang, Desa Danau Usung dan Beriwit, kalau ada banjir seperti ini saya harap warga lebih hati-hati dan bersiap siaga,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Namun lanjut Bupati, jika intensitas hujan kembali tinggi, tidak menutup kemungkinan permukaan air sungai Barito akan kembali tinggi dan meluap ke permukiman warga kembali, “Walaupun sudah mulai surut, saya meminta agar warga terus waspada bencana tersebut. Karena datangnya tidak bisa ditebak,” tandasnya. (LULUS/beritasampit.co.id).