Di Kobar, Virus Corona Sudah Grogoti Pedesaan

RAPID TES : IST /BERITA SAMPIT – Nampak Tim Medis saat melakukan Rapid Test di Desa Karangsari Kecamatan Pangkalan Banteng.

PANGKALAN BUN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengakui ada 2 orang yang terkonfirmasi reaktif corona sudah tembus ke desa yakni Desa Karangsari Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kobar.

Hal tersebut diungkapkan Ahmat Sulkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Kobar, saat melakukan pemeriksaan rapid test terhadap keluarga terdekat dari pasien positif Covid-19 berinisial N dari Desa Karang Sari, Kecamatan Pangkalan Banteng.

“Dari hasil rapid test ada 2 orang yang kontak langsung dengan pasien N terkonfirmasi reaktif Corona. Dan begitu ada hasil yang menyatakan positif terhadap pasien N asal Desa Karang Sari, Gugus Tugas Covid-19 Kobar langsung melakukan tracking terhadap keluarga terdekat atau yang pernah kontak langsung dengan pasien N, hal itu gerak cepat untuk upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19,” kata Ahmat Sulkan, Kamis 22 April 2020.

BACA JUGA:   Celoteh Pedagang Nasi dan Bubur Sum-Sum: Harga Beras Kalau Sudah Naik Tidak Bakalan Turun Lagi

Menurutnya, ada sekitar 12 orang yang melakukan pemeriksaan rapid test di Puskesmas Karang Mulya karena Desa Karang Sari masih wilayah kerjanya. Dari 12 orang itu ada 2 orang yang kontak langsung dengan pasien N yang hasil rapid testnya reaktif Corona.

“Sehingga keduanya pun langsung dilakukan pengambilan swab sampel di Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dan kini tengah melakukan isolasi mandiri,” ujar Ahmad Sulkan

Sementara itu Kepala Desa Karang Sari, Sunandar menjelaskan, sejak ada salah seorang warganya dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, pihak desa yang dibantu tenaga kesehatan dari Puskesmas Karang Mulya melakukan kegiatan pemeriksaan rapid test terhadap 30 orang terdiri dari kepala desa, perangkat desa, petugas kesehatan Puskesmas serta keluarga dan sejumlah kerabat yang pernah kontak langsung dengan pasien N.

BACA JUGA:   Kuncoro Candrawinata Bagikan Ratusan Paket Sembako Ramadan Kepada Karyawannya dan Warga Kurang Mampu

“Kegiatan pemeriksaan rapid test di lakukan di kantor desa pada hari Selasa 21 April 2020 sebanyak 30 orang menjalani rapid test. Dengan adanya warga kami yang positif Covid-19 maka pemerintah desa akan mengambil kebijakan untuk melaksanakan pengamanan wilayah. Terutama di lingkungan sekitar warga yang telah dinyatakan positif Covid-19 tersebut,” terang Sunandar.

(man/beritasampit.co.id).