Gubernur: Stok Bahan Pokok di Kalteng Masih Aman

Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran memastikan stok bahan pokok masih aman. Hal itu diungkapkan oleh Sugianto Sabran, 23 April 2020.

Menurut Sugianto, pemantauan ketersediaan bahan pangan pokok di Provinsi Kalimantan Tengah jika dibandingkan dengan kebutuhan konsumsi penduduk se Kalimantan Tengah untuk bulan April masih cukup tersedia.
Walaupun sebagian besar komoditas masih mengandalkan pasokan dari luar untuk mencukupi kebutuhan seperti jagung, bawang merah, bawang putih, cabe besar, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng.

BACA JUGA:   Kalteng Masuk 10 Besar Inflasi Terendah

Khusus untuk kebutuhan pokok hasil ternak, telur ayam ras sampai minggu ke III April mengalami defisit namun jika tidak ada kendala produksi di kandang dan jika selalu lancar suplai dari luar daerah maka biasanya akan cukup untuk kebutuhan pada bulan berjalan.

“Untuk gula pasir ketersediaan bertahan sekitar 2 bulan, namun sudah selama 2 bulan ini harga melonjak naik karena pasokan berkurang baik untuk bulog maupun di pedagang,” katanya.

BACA JUGA:   Golkar Siap Usung Kaspinor di Pilkada Sukamara

Namun pada saat bulan Ramadhan dan Hari Raya stock tidak kekurangan apabila mengikuti perkiraan perhitungan kebutuhan pada saat bulan HBKN hanya harga masih sangat tinggi jauh di atas HET Rp. 12.500,-.

“Saat ini sedang diupayakan untuk melakukan kontak dengan distributor gula di Jakarta agar mau menyediakan suplay gula ke wilayah Kalteng, baik melalui Kemendag maupun Kementan,” jelasnya.
(hardi/beritasampit.co.id)